Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclong

Supaya berkendara makin aman dan nyaman

Mempunyai sebuah mobil, bukan hanya sekedar untuk dikendarai saja, melainkan juga harus merawatnya. Nah, dalam merawat mobil terkadang seseorang hanya memikirkan bagian yang dianggap penting saja, seperti bagian mesin mobil. Namun, banyak hal yang seharusnya turut dirawat malah dilupakan, salah satunya adalah kaca mobil.

Padahal jika tidak terawat, kaca mobil pasti akan ditumbuhi jamur. Yang dapat membuat pandangan ke jalan menjadi berkurang, apalagi saat di malam hari. Tentunya dengan visibilitas yang berkurang makan akan membuat resiko terjadinya kecelakaan meningkatkan. Jadi, sebaiknya kita harus selalu menjaga kaca mobil agar tidak ditumbuhi jamur. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kita pakai agar mobil kita terhindar dari jamur yang mengganggu.

1. Segera bilas dan keringkan kaca mobil setelah kehujanan

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclongmengeringkan kaca mobil (instagram.com/autofinesse)

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membilas kaca mobil setelah terkena hujan. Kemudian keringkan segera, sampai benar-benar kering. Karena jika kita membiarkan air hujan tetap pada kaca mobil, walaupun bisa mengering dengan sendirinya, bekas air hujan itu akan memicu tumbuhnya jamur.

Oleh karena itu, setelah terkena hujan segera keringkan kaca mobil dengan kanebo, setelah itu pakailah lap khusus kaca mobil, agar hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil.

2. Usahakan interior mobil selalu dalam keadaan kering

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclonginterior mobil (instagram.com/interior mobil)

Selanjutnya pastikan interior mobil kita selalu dalam keadaan kering. Karena jika sampai basah, maka air dalam interior mobil akan menguap dan akan menempel di dinding kaca. Bibit-bibit jamur nantinya akan tumbuh.

Apalagi pada bagian kaca dalam, tentu akan lebih sulit untuk membersihkan. Untuk itu kalau memang sampai basah, seperti terkena tumpahan air, usahakan langsung dibersihkan menggunakan vacum cleaner agar segera kering.

3. Rutin ganti wiper mobil secara berkala

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclongilustrasi wiper mobil (instagram.com/spotlight.michelin)

Selanjutnya, usahakan wiper mobil selalu diganti sebelum bagian karetnya menipis.  Selain karena sapuan wiper bisa lebih maksimal, juga dapat meminimalisir timbulnya jamur pada kaca mobil. Sehingga visibilitas pengemudi akan lebih baik.

Karena kalau kita tidak mengganti wiper secara rutin, bukan hanya jamur yang akan muncul, melainkan juga bisa menimbulkan baret pada kaca mobil. Karena kaca mobil akan bergesekan langsung pada bagian besi wiper, karena lapisan karetnya sudah habis.

4. Berikan lapisan pelindung tambahan, pada kaca mobil

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclonglapisan pelindung kaca (instagram.com/ultimatefinish)

Selanjutnya berikan kaca mobil dengan lapisan pelindung tambahan, seperti coating. Cara kerjanya mirip seperti di bodi mobil, secara permanen menutup pori-pori kaca yang berukuran nano dan menyatu pada molekul kaca. Tujuannya agar kotoran dan debu penyebab jamur tidak dapat masuk ke pori-pori kaca.

Pandangan pada kaca juga menjadi lebih jelas, karena air yang terkena kaca mobil tidak dapat menempel berkat efek daun talas dari lapisan coating. Sehingga kita akan lebih nyaman dalam berkendara terutama saat kondisi hujan.

5. Cuci mobil seminggu sekali

5 Tips Sederhana Mencegah Kaca Mobil dari Jamur, Auto Kinclongilustrasi mencuci mobil (instagram.com/rmoda.studio)

Terakhir, usahakan mencuci mobil satu minggu sekali. Mencuci mobil juga menjaga mobil terhindar dari keropos dan jamur. Tapi, kenyataannya terkadang banyak orang malas melakukanya.

Ada yang beralasan karena mobil masih terlihat bersih atau jarang dipakai. Padahal,  mobil akan tetap kotor meski tidak dipakai. Mencuci menggunakan air bertekanan tinggi akan mengurangi jamur yang ada di kaca mobil kita. Semakin rutin kita mencuci, maka semakin kecil potensi jamur akan muncul.

Nah, itulah beberapa tips agar kaca mobil tidak mudah ditumbuhi jamur. Tentunya dengan kaca mobil yang jernih, berkendara juga akan lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba! 

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya