Comscore Tracker

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignis

Sama-sama unggulkan dimensi compact dan desain menarik

Biasanya orang akan memilih jenis mobil berdasarkan kebutuhannya. Contohnya, bagi mereka yang tinggal di perkotaan, mobilitas yang tinggi membuat mereka membutuhkan mobil yang bisa bermanuver lincah di jalanan perkotaan.

Nah, mobil tipe city car bakal jadi pilihan tepat karena punya ukuran kecil. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai pilihan city car. Seperti Honda Brio dan Suzuki Ignis, keduanya sama-sama punya body ramping serta desain menarik. Siapa yang lebih baik? Berikut ini perbandingan keduanya. 

1. Desain/Model

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignispotret suzuki ignis (instagram.com/club_ignis)

Sebagai mobil yang sering dipakai di perkotaan, sudah semestinya city car punya tampilan yang menarik. Untuk Honda Brio sendiri hadir dengan konsep "Proud Over Class", dimana  desainer Honda melakukan rombakan signifikan untuk Honda Brio, contohnya sektor depan dibuat lebih matang yang sekilas mirip di Mobilio.

Ubahan yang paling berbeda, tentu pada bagian belakangnya, yang diubah dengan alasan keselamatan. Dari generasi pertama yang berupa pintu kaca, sekarang sudah dibuat seperti mobil hatchback. Bagian belakang terintegrasi dengan spoiler serta LED high-mount stop lamp yang membuat tampilnya semakin menarik. 

Tak mau kalah, Suzuki Ignis hadir dengan tampilan yang premium. Terlihat dari berbagai ubahan pada desain bumper, diffuser, grille, fog-lamp hingga bezel juga ikut diperbarui. Ignis generasi terbaru juga mengalami perubahan pada bagian belakang. Desain bumper belakangnya kini dilengkapi dengan rear reflector dan diffuser, membuatnya tampilnya tampak stylish. Untuk lampunya juga sudah mengadopsi teknologi LED. 

2. Fitur

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignispotret honda brio (instagram.com/rafiandra_lubis)

Mengingat harga city car yang terjangkau, tentu kita tidak bisa mengharap fitur-fitur yang terlalu canggih. Walaupun demikian, fitur-fitur yang penting akan selalu tersedia. Untuk Honda Brio sendiri, sudah dilengkapi fitur seperti pengereman ABS dan EBD.

Honda Brio juga sudah mengadopsi desain G-Force Control Technology (G-CON) ACE yang mampu meredam bila terjadi benturan. Ada juga fitur seperti keyless entry, immobilizer, alarm system pada varian S, E, dan RS melengkapi fitur yang ada pada Brio. 

Semetara fitur dari Suzuki Ignis, antara lain mobil dibekali dengan dual SRS airbag, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta ISOFIX. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, varian GX yang merupakan varian tertinggi mendapat tambahan fitur seperti auto climate AC with heater, head unit touch screen, push start/stop engine button, keyless entry, steering wheel with audio switch control dan bluetooth phone connection.

Baca Juga: Deretan Mobil Rusia Ini Gak Kalah Sama Mobil Eropa dan Jepang

3. Spesifikasi mesin

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignispotret suzuki ignis (instagram.com/club_ignis)

Untuk mesinya sendiri, kedua mobil memang dibekali mesin yang tergolong kecil, namun tetap mumpuni untuk melewati jalanan perkotaan. Untuk Honda Brio mengusung tipe mesin 1,2 L i-Vitec SOHC 4 Silinder, berkapasitas 1198 cc, dengan tenaga maksimal 88 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimal sebesar 109 Nm pada 4500 rpm. 

Sementara itu, Suzuki Ignis membakwa mesin tipe K12M 4 Silinder berkapasitas 1.197 cc, yang bisa menghasilkan tenaga hingga 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm.

4. Dimensi mobil

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignispotret honda brio (instagram.com/arvinshichi)

Untuk dimensi kedua mobil, sudah pasti kecil dan ramping. Mengingat fungsinya untuk dipakai diperkotaan, untuk Honda Brio memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi hingga 1.495 mm, serta jarak sumbu roda 2.405 mm.

Untuk lawannya, Suzuki Ignis hadir dengan dimensi, panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi mencapai 1.595 mm. Dengan jarak sumbu roda 2.435 mm dan ground clearance 180 mm. Lumayan kecil karena memang ditujukan untuk penggunaan di jalanan kota.

5. Harga

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignispotret suzuki ignis (instagram.com/suzukiignis.ind)

Dari segi harga, terdapat perbedaan sesuai varian yang dipilih. Di Indonesia sendiri Honda Brio dan Suzuki Ignis sama-sama punya 4 pilihan varian.

Harga Honda Brio RS:

  • RS M/T 2021 Rp 189 juta
  • RS CVT 2021 Rp 205 juta
  • RS Urbanite M/T 2021 Rp 193,5 juta
  • RS Urbanite CVT 2021 Rp 210,5 juta

Harga Suzuki Ignis:

  • varian GL MT Rp 179 juta
  • varian GX MT  Rp 198 juta
  • varian GL AGS RP 189 juta
  • varian GX AGS Rp 208 juta

Nah, itulah perbandingan antara Honda Brio dan Suzuki Ignis, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tapi tetap layak dibeli, melihat harganya yang terjangkau serta fiturnya yang cukup memadai.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya