Comscore Tracker

Hyundai Bakal Memproduksi Mobil Hidrogen 

Terobosan pasar kendaraan listrik lokal

Jakarta, IDN Times - Hyundai Motor akan memproduksi kendaraan komersial listrik berbahan bakar hidrogen di Tiongkok. Mobil ini diupayakan menjadi terobosan pasar kendaraan listrik lokal.

Kepala Divisi Bisnis Kendaraan Komersial Hyundai, Lee In-cheon, mengumumkan rencana tersebut dalam Forum EV100 China yang diadakan di Beijing pada 10-12 Januari. Mobil hidrogen ini nantinya akan diproduksi oleh Sichuan Hyundai Motor Co, perusahaan yang didirikan Hyundai Motor dan Sichuan Nanjun Automobile Group Co.

1. Rencana Hyundai memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen

Hyundai Bakal Memproduksi Mobil Hidrogen topgear.com

Sichuan Hyundai Motor Co akan mulai memproduksi mobil komersial berbahan bakar hidrogen pada 2023. Mereka ditargetkan memproduksi 3.74 juta unit kendaraan hidrogen, sebanyak 1.05 juta unit di antaranya akan diproduksi di Tiongkok.

2. Target Hyundai tahun ini

Hyundai Bakal Memproduksi Mobil Hidrogen topgear.com

Sebelumnya Hyundai sudah meluncurkan mobil hidrogen Nexo. Mobil ini terjual sebanyak 4.194 unit pada 2019. Tahun ini Hyundai menargetkan 10 ribu unit mobil Nexo terjual, baik ke organisasi publik maupun perusahaan.

Tak hanya memproduksi mobil hidrogen, Hyundai juga akan menargetkan penjualan 200 ribu sistem sel bahan bakar hidrogen per tahun di pasar global. Sementara itu, dalam dua tahun terakhir Hyundai Nexo sudah terjual 1.015 unit di luar negeri.

Baca Juga: Mengintip Fitur Baru New Hyundai Tucson, Semakin Banyak Fiturnya

3. Investasi Hyundai untuk mendongkrak pasar kendaraan hidrogen

Hyundai Bakal Memproduksi Mobil Hidrogen topgear.com

Hyundai mengumumkan rencananya berinvestasi senilai 7,6 triliun Won pada tahun 2028. Hyundai akan bekerja sama dengan kemitraan perusahaan onderdil mobil, kegiatan penelitian dan pengembangan, serta perluasan fasilitas pada tahun 2030.

Hal ini dilakukan Hyundai demi mencapai targetnya membangun fasilitas produksi yang mampu meluncurkan 50 ribu kendaraan bertenaga hidrogen hingga 2030 nanti dan menguasai pasar mobil hidrogen baik di Tiongkok mau pun dunia.

Baca Juga: All New Kia Seltos Vs Mazda CX-30, Pilih Mana?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya