Comscore Tracker

Mercedes Resmikan Unit Usaha Terbaru untuk Produksi Kendaraan Niaga

Mewujudkan semangat 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Mercedes-Benz Indonesia meresmikan unit usaha terbaru mereka, yaitu PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI), di Gunung Putri, Bogor, Selasa (18/2).

DCVMI akan bertanggung jawab memproduksi dan merakit kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia. Sementara itu, agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk distribusi kendaraan niaga Mercedes-Benz akan dipegang oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI).

“Kehadiran DCVMI merupakan implementasi dari PROJECT FUTURE oleh Daimler AG di Indonesia. Kami berharap kehadiran DCVMI dapat membuat divisi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia menjadi lebih fokus dan kompetitif sesuai dengan fungsi masing-masing entitas," kata Presiden Direktur Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia, Tim Grieger. 

1. PT DCVMI memperkenalkan dua fitur baru untuk 2020

Mercedes Resmikan Unit Usaha Terbaru untuk Produksi Kendaraan NiagaIDN Times/Muhammad Imam Birawa

PT DCVMI diharapkan mampu meneruskan kesuksesan yang diraih PT DCVI pada 2017 silam, seperti meluncurkan truck heavy-duty Mercedes-Benz tipe Axor dengan menambah varian model kendaraan niaga yang dirakit oleh Daimler secara lokal.

“Dari sisi portofolio produk, kami akan memperkenalkan dua fitur baru tahun ini; bogie suspension untuk rigid model dan hub-reduction untuk 6x4 tipper models, yang dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan pelanggan Indonesia," kata Tim Grieger.

Dengan fitur-fitur terbaru tersebut Tim Grieger optimistis bisa meningkatkan volume penjualan di tahun 2020. Apalagi semua truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia telah siap menggunakan bahan bakar B30.

Baca Juga: Banyak Pabrikan Cabut dari Indonesia, Ini Sikap Mercedes-Benz

2. PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia optimis meningkatkan penjualan pada 2020

Mercedes Resmikan Unit Usaha Terbaru untuk Produksi Kendaraan NiagaIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Pada tahun 2019 PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia mampu menjual 2,695 kendaraan niaga, yang terdiri dari 1,861 truk dan 834 bus. Dibandingkan tahun sebelumnya, Mercedes mengalami peningkatan pada kendaraan truk sebesar 1.3 persen sedangkan kendaraan bus Mercedes-Benz sebesar 2.6 persen.

Dengan berdirinya PT DCVMI, tahun ini DCVMI optimis mampu meningkatkan kesuksesan bisnisnya dan ditambah peresmian empat diler baru kendaraan niaga yang melengkapi 27 dealer dan layanan penjualan di seluruh Indonesia.

3. Akan menggunakan komponen dalam negeri untuk proses produksi

Mercedes Resmikan Unit Usaha Terbaru untuk Produksi Kendaraan NiagaIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Selain itu, PT DCVMI juga akan meningkatkan fasilitas-fasilitas perakitan dan pengetesan di pabrik Wanaherang, seperti brake test, speedometer test, dan shower test. PT DCVMI juga berkomitmen akan mendukung kebijakan pemerintah untuk mengendalikan tingkat komponen impor hingga memproduksi kendaraan niaga Mercedes-Benz Indonesia melalui skema Incomplete Knock Down (IKD). Dan proses produksinya akan menggunakan hampir 30 persen komponen produksi dalam negeri.

Baca Juga: Mercedes Benz New CIBO dan Vito Resmi Meluncur, Senyaman di Rumah!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya