Comscore Tracker

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudah

Luar dan dalem harus sama-sama bersih dong!

Selain dirawat dari luar, mobil juga harus dirawat bagian dalamnya atau interior. Pada bagian interior adalah bagian yang wajib kamu perhatikan kebersihannya dan kerapiannya. Dengan keadaan yang bersih dan rapi, pengendara dan penumpang akan merasa betah selama perjalanan.

Daripada kamu mengeluarkan uang untuk pergi ke salon interior mobil, lebih baik kamu bersihkan sendiri interior mobil kamu. Selain lebih murah, kamu juga tidak perlu meninggalkan mobil di salon terlalu lama. Jadi, kamu dapat menghemat waktu dan biaya.

1. Perawatan jok mobil yang sesuai

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahpixabay.com/lqiuz

Setiap mobil pasti memiliki jenis jok yang berbeda-beda. Dari situ, terkadang banyak kesalahan dalam membersihkannya. Sebelum jok kamu rusak, ada baiknya kamu harus tau, jenis bahan apa yang terdapat pada jok mobil kamu.

Misalnya, jika dari fabric atau kain, kamu dapat membersihkan dengan cairan pembersih khusus fabric. Jika tebuat dari kulit, kamu dapat menggunakan sikat atau vacuum cleaner.

2. Lapisi lantai mobil dengan alas mobil yang mudah dibersihkan

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahinstagram.com/maestro_variasi

Selain mempercantik mobil, fungsi dari alas mobil juga memudahkan kamu dalam membersihkan bagian bawah kabin. Karena alas atau karpet mobil lebih mudah kotor, usahakan kamu menggunakan alas yang mudah dibersihkan. Disarankan untuk lebih efisien, alas mobil tebuat dari karet sintetis

3. Gunakan cairan pembersih dan sikat untuk plafon mobil

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahinstagram.com/restu_plafon_mobil

Bagian plafon mobil terkadang sering terlewatkan, padahal bagian tersebut mudah kotor dan berjamur. Kamu dapat menggunakan cairan pembersih dan sikat yang halus untuk membersihkan plafon mobil kamu. 

Baca Juga: 12 Mobil Baru yang akan Muncul Pertama Kali di GIIAS 2019 

4. Jangan lupakan bersihkan dashboard

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahpixabay.com/autowelt

Selain plafon, dashboard mobil juga merupakan bagian yang mudah kotor. Cara membersihkannya juga tidak sulit, kamu bisa menggunakan kemoceng atau kain lap. Saat menggosok, tidak perlu keras-keras, gosokan yang keras akan menimbulkan baret di dashboard.

5. Taruh tempat sampah mini atau kresek sampah pada kabin mobil

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahinstagram.com/_sweetnothing21

Adanya tempat sampah akan memudahkan kamu dalam membersihkan kabin mobil. Selain praktis, kamu tidak perlu perlu berhenti untuk membuang sampah.

6. Gunakan sikat gigi untuk interior yang kecil dan detail

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahunsplash.com/@worthyofelegance

Di dalam mobil terdapat sudut dan celah yang sulit dijangkau oleh lap dan kemoceng. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sikat gigi khusus untuk memudahkan kamu dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau.

7. Jangan lupa juga bersihkan kaca jendela bagian dalam

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahinstagram.com/diamondwashar

Selain kaca jendela luar, pada bagian dalam pun perlu dibersihkan. Gunakan cairan pembersih kaca dan lap yang mengandung serat mikro. Usahakan kamu menggunakan kaca pembersih yang sesuai dengan jenis kaca mobil.

8. Pasang penyegar udara

8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudahinstagram.com/iw_michael

Setelah semua bagian dibersihkan dan dikeringkan, lagkah terakhir adalah menyemprotkat penyegar udara. Kamu juga dapat memasang car air freshener pada dashboard mobil. Dalam mencari penyegar udara, kamu bebas memilih sesuai dengan selera.

Bagian eksterior dan interior memang sama pentingnya, namun justru bagian interior mobil yang kurang dapat perhatian. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan bagian dalam juga ya, karena kabin yang bersih akan membuat penggunanya nyaman dan betah di mobil.

Baca Juga: 5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besar

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You