Pilihan Mobil Tua Irit Bahan Bakar, Aman di Kantong!

Ada Starlet hingga Civic

Mobil tua sering kali diidentikkan dengan mogok dan boros. Padahal gak selamanya begitu. Kalau mobil tua dirawat dengan benar, mobil tersebut bahkan bisa lebih sehat dari mobil baru yang jarang dirawat. Selain itu mobil tua juga gak selamanya dan gak semuanya boros bahan bakar.

Ada beberapa mobil tua yang sejak awal diproduksi sudah irit bahan bakar. Mobil-mobil tersebut sempat menjadi primadona kala itu. Bahkan hingga kini mobil-mobil tua irit bahan bakar ini masih menjadi buruan kolektor. Nah, berikut mobil-mobil tua yang irit bahan bakar yang bakal bikin aman tabunganmu.

1. Honda Civic

Pilihan Mobil Tua Irit Bahan Bakar, Aman di Kantong!Ilustrasi Honda Civic (marketplace facebook)

Pada masanya Honda Civic termasuk mobil mewah. Ada beberapa varian Honda Civic yang sempat mengaspal di jalanan Indonesia, yakni Grand, Genio, Wonder, Ferio, dan Estilo. Semua varian ini hemat bahan bakar.

Konsumsi rata-rata bahan bakar Honda Civic sekitar 1:10 km/liter atau satu liter untuk menempuh jarak hingga 10 km untuk perjalanan dalam kota. Untuk perjalanan luar kota bisa jauh lebih irit lagi. Saat ini harga Honda Civic bekas bervariasi, tergantung pada kondisi mobil tersebut. 

Baca Juga: Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Bikin Aki Mobil Soak

2. Toyota Starlet

Pilihan Mobil Tua Irit Bahan Bakar, Aman di Kantong!Ilustrasi Toyota Starlet (wikimedia.org)

Kalau membahas mobil tua yang irit bahan bakar, kita harus memasukkan Toyota Starlet. Mobil hatchback ini dibekali hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc 4 silinder dan 1.300 cc 4 silinder. Kedua mesin ini sama-sama irit dan bandel.

Seperti Honda Civic, Starlet pun bisa menempuh jarak 10 km hanya dengan satu liter bensin. Bahkan jika kondisinya terawat, konsumsi mobil ini bisa tembus 1:13 km/liter. Irit banget, kan?

Kelebihan lain Toyota Starlet adalah sparepartnya yang masih sangat berlimpah dan karenanya harganya menjadi murah.

3. Isuzu Panther

Pilihan Mobil Tua Irit Bahan Bakar, Aman di Kantong!Ilustrasi Isuzu Panther (marketplace facebook)

Suka mobil diesel tapi gak mau repot beli dexlite yang mahal? Isuzu Panther adalah jawabannya. Mobil bermesin diesel ini bisa menenggak solar yang murah tanpa khawatir performa mesinnya bakal drop. Sebab Panther memang diciptakan untuk menenggak solar. 

Isuzu Panther terkenal akan kenyamanan suspensi dan AC-nya yang super dingin. Selain itu mobil ini juga sangat bandel mesinnya. Kelebihan lainnya adalah sparpartnya yang sangat murah dan ada di mana-mana. So, kalau kamu suka diesel yang murah meriah, jawabannya hanya Isuzu Panther.

4. BMW 318i E36

Pilihan Mobil Tua Irit Bahan Bakar, Aman di Kantong!Ilustrasi BMW E36 (motor1.com)

Siapa bilang mobil Eropa pasti boros bahan bakar? Kalau ada yang bilang begitu, pasti belum pernah memelihara BMW 318i E36. Sebab mobil dengan kode E36 bermesin 1800 cc ini cukup irit, meski tenaganya agak sedikit kurang responsif.

Sehingga BMW 318i E36 bisa kamu pertimbangkan jika sedang mencari mobil mewah yang irit bahan bakar untuk menunjang aktivitas harianmu. Jika mesinnya sehat, konsumsi bensin mobil ini bisa mencapai angka 1:10 km/liter. Apalagi mobil satu ini juga termasuk bandel alias jarang rusak.

Baca Juga: Daftar Mobil Porsche Terlaris Sepanjang Januari-Maret 2024

Ndoro Anom Photo Verified Writer Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya