Comscore Tracker

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakar

Tips nomor satu penting banget, guys!

Konsumsi bahan bakar pada masing-masing kendaraan memang bervariasi. Pada umumnya, setiap orang tentu ingin memiliki memangkas penggunaan BBM seminimal mungkin. Namun, perlu kita ketahui beberapa faktor mendasar yang menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih irit atau boros.

Untuk itu, saya akan membagikan beberapa tips untuk membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar. Penasaran bagaimana tipsnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Melakukan tune-up secara berkala

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakarautomotivecitygrassvalley.com

Melakukan tune-up memang akan memberikan efek yang lebih baik bagi mesin mobil. Selain itu, mesin juga akan memiliki peforma yang prima dengan penggunaan bahan bakar yang optimal sehingga dapat menghindari penggunaan bahan bakar yang boros.

2. Menggunakan oli sintetis

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakargroupon.com

Pemilihan jenis oli merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap peforma mesin. Nah, dengan menggunakan oli sintetis, kamu dapat menekan penggunaan bahan bakar kendaraanmu. Sebab, oli sintetis mampu menghemat konsumsi BBM hingga 5 persen.

3. Perawatan berkala pada filter udara

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakaryourmechanic.com

Filter udara rentan terhadap gangguan berupa kotoran yang menyebabkannya tersumbat dan berakibat pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Di samping itu, filter udara yang kotor juga dapat membuat mesin menjadi tersendat dan sangat tidak nyaman saat dikendarai.

4. Memperhatikan tekanan angin pada ban mobil

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakaryourmechanic.com

Memperhatikan kondisi tekanan angin pada ban mobil dapat kita lakukan dengan cara melakukan pemompaan dengan tepat dan akurat serta rutin untuk melakukan penambahan tekanan angin di setiap bulannya. Hal ini dikarenakan tekanan angin pada ban akan berkurang 1 PSI dalam setiap bulan. Dengan kondisi tekanan ban yang stabil, maka secara tidak langsung kita dapat menghemat penggunaan bahan bakar sebesar 3 persen karena tarikan mobil akan menjadi lebih ringan.

5.Memperhatikan jumlah beban mobil

Wajib Coba, 5 Tips Sederhana Ini Bikin Mobilmu Lebih Irit Bahan Bakarotodriver.com

Muatan yang ada pada mobil memang sangat berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar, untuk melakukan penghematan penggunaan bahan bakar dapat dilakukan dengan cara memperhatikan jumlah muatan pada mobil agar tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Karena beban yang berlebih dapat membuat mesin lebih keras dan otomatis penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Itulah 5 tips untuk membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar, semoga setelah membaca ulasan yang ada pada artikel ini kita semua dapat menghemat konsumsi BBM pada mobil kita.

Noto Photo Community Writer Noto

Writing is art

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You