Comscore Tracker

Wah! 148 Ribu Kendaraan Bermotor di Kudus Gak Bayar Pajak

Karena sudah tua dan rusak

Kudus, IDN Times - Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kudus menghitung tak kurang dari148 ribu kendaraan di Kudus yang tidak taat membayar pajak.

Artinya ada hampir sepertiga dari total 492.591 kendaraan bermotor di Kota Kretek yang tak taat pajak! 

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor via Online dan Syaratnya

1. Ada 343.809 kendaraan wajib pajak di Kudus

Wah! 148 Ribu Kendaraan Bermotor di Kudus Gak Bayar PajakPerbayaran pajak kendaraan bermotor di E-Samsat Pegadaian (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kudus, Wibowo mengatakan berdasarkan jumlah kendaraan bermotor yang ada di Kudus totalnya ada sebanyak 492.591.

Dari jumlah itu yang wajib pajak ada sebanyak 343.809 kendaraan. Artinya jumlah tersebut taat membayar wajib setiap tahunnya.

“Sedangkan sisanya yang mencapai 148.782 kendaraan bermotor tidak aktif. Artinya tidak taat membayar wajib pajak,” kata dia saat dijumpai, Rabu (11/12).

2. Alasan tak bayar pajak mulai dari kendaraan rusak hingga diperjualbelikan

Wah! 148 Ribu Kendaraan Bermotor di Kudus Gak Bayar PajakIDN Times/Irma Yudistirani

Sedangkan untuk khusus kendaraan sepeda motor, di Kudus yang berpotensi wajib pajak ada sebanyak 439 ribu. Dari jumlah tersebut yang wajib pajak ada sebanyak 300 ribuan.

“Sisanya tidak aktif alias tidak taat pajak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia ada beberapa faktor yang menyebabkan ribuan kendaraan tersebut tidak wajib pajak. Pertama karena kendaraan yang sudah tua atau bahkan sudah rusak. Kemudian yang kedua karena dijualbelikan.

“Memang biasanya kendaraan itu sudah tua, rusak, atau sudah dijual,” lanjutnya.

Walaupun demikian, pihaknya selalu mendorong masyarakat untuk wajib pajak. Bahkan dari pihak Samsat Kudus memanjakan masyarakat untuk membayar wajib pajak. Salah satunya membuka 150 titik Samsat keliling.

“Jelas ini semata-mata untuk mempermudah masyarakat. Yang biasanya sibuk kerja. Kami datang di perusahaan-perusahaan bahkan juga di perdesaan kami buka samsat keliling,” ungkapnya.

3. Realisasi penerimaan wajib pajak mencapai 98,10 persen

Wah! 148 Ribu Kendaraan Bermotor di Kudus Gak Bayar PajakIDN Times/Irma Yudistirani

Ditambahkan dia, untuk realisasi penerimaan wajib pajak di sektor Pajak Kendaraan Bermotor sudah mencapai 98,10 persen. Dengan rincian target tahun 2019 sebesar Rp144,47 miliar dengan realisasi Rp141, 73 persen.

Sedangkan untuk BBNKB mencapai 95 persen. Dengan rincian target penerimaan mencapai Rp 110,7 miliar, realisasi penerimaan sebesar Rp 105,76 miliar.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dikira Buatan Luar Negeri, 5 Merek Motor Ini Ternyata Asli Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You