Comscore Tracker

Apa Itu Torsi Pada Mobil? Yuk, Kita Kenali Bersama

Torsi erat sekali kaitannya dengan akselerasi

Jakarta, IDN Times - Saat membeli mobil, lebih banyak orang hanya memperhatikan desain, fitur, top speed yang bisa diraih, dan nilai jual kembali. Padahal ada yang lebih esensial untuk diperhatikan, yakni torsi. 

Kenapa sih begitu penting mengetahui torsi mobil sebelum membelinya?  

1. Torsi = akselerasi

Apa Itu Torsi Pada Mobil? Yuk, Kita Kenali Bersamathecarexpert.co.uk

Torsi adalah kemampuan mobil untuk bergerak dari kondisi diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Satuan untuk menghitung torsi adalah Nm (Newton meter) dan Kgm (Kilogram meter), tergantung setiap pabrikan mobil.

Sehingga, jika torsinya kecil, maka kemampuan mobil tersebut untuk mulai bergerak juga kecil. Mobil dengan torsi yang kecil akan merepotkanmu saat melibas jalan menanjak yang curam.

Sebab torsi erat sekali kaitannya dengan akselerasi. Semakin besar torsinya, semakin cepat pula kendaraan tersebut berakselerasi.

Baca Juga: 3 Alasan Mobil SUV Jadi Primadona, Padahal Harganya Gak Murah 

2. Piston sebagai sumber gaya putar

Apa Itu Torsi Pada Mobil? Yuk, Kita Kenali Bersamabikesmedia.in

Seperti penjelasan sebelumnya, torsi berhubungan dengan akselerasi mobil. Jadi, pembakaran yang ada didalam mobil akan mendorong piston. Piston kemudian akan mendorong poros engkol atau cranckshaft.

Dari dorongan yang dilakukan piston dan poros engkol inilah yang menghasilkan torsi. Torsi yang ditransfer ke roda dapat berubah sesuai dengan susunan gigi transmisi.

3. Ada rumusnya, lho!

Apa Itu Torsi Pada Mobil? Yuk, Kita Kenali BersamaIlustrasi pabrik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jika berbicara torsi, maka kita juga harus bisa menghitungnya menggunakan rumus.  Rumus untuk mencari torsi dihasilkan melalui perkalian antara gaya dan jarak. Jadi, sejauh mana jarak yang ditempuh akan berhubungan dengan gaya atau energi yang dihasilkan untuk bisa melakukan dorongan. 

4. Tanpa torsi, gak akan ada tenaga

Apa Itu Torsi Pada Mobil? Yuk, Kita Kenali Bersamawallpaperflare.com

Banyak orang yang menilai jika kualitas dari suatu kendaraan akan semakin baik apabila memiliki tenaga yang besar. Jika ingin memiliki mobil dengan tenaga yang besar, maka kamu harus memilih mobil dengan torsi yang besar.

Sebab torsi memainkan peran penting dalam mesin, karena berhubungan juga dengan sistem pembakaran mobil. Semakin kecil torsinya, maka mobil itu akan bergerak lebih lambat.

Baca Juga: Mobil SUV Rentan Terguling? Begini Penjelasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya