Comscore Tracker

Yuk Lebih Dekat dengan Austin Seven Mini, Mobilnya Mr Bean!

Melahirkan generasi selanjutnya seperti Cooper S

Jakarta, IDN Times - Perna menonton film Mr. Bean? Kalau pernah, pasti kamu tahu mobil Mini Morris hijaunya yang ikonik, kan? Mobil mungil tersebut ternyata pernah dipasarkan dengan nama Austin Mini, loh. Austin sendiri merupakan pabrikan yang sudah melanglang buana di dunia otomotif sejak 1905.

Austin Motor Company mengalami pasang surut selama bertahun-tahun dan sering disamakan dengan Ford saat membawa industri otomotif ke Inggris. Kabarnya, Austin Mini Seven menjadi mobil yang langganan dapat penghargaan. Bahkan Mini sendiri meluncurkan Cooper Seven pada  tahun 2017 yang didedikasikan kepada Austin, lengkap dengan warna silvernya.

Seperti apa sih Austin Seven Mini itu?

1. Menjadi mobil terlaris se-Inggris Raya

Yuk Lebih Dekat dengan Austin Seven Mini, Mobilnya Mr Bean!Austin Seven Mini (pinterest.com)

Mobil ini diluncurkan pada 1959 dengan nama Austin Seven Mini dan Morris Mini-Minor, tetapi dikenal kebanyakan orang hanya mengenalnya sebagai Mini. Mobil bermesin depan kecil dan penggerak roda depan dari British Motor Corporation sepertinya ditakdirkan untuk menjadi mobil klasik yang diincar kolektor. Austin Seven Mini menjadi mobil Inggris terlaris yang pernah ada. 

Mini sendiri merupakan gagasan dari Alec Issigonis yang sebelumnya merancang Morris Minor. Ini adalah mobil pertama yang menggabungkan mesin depan yang dipasang melintang dan penggerak roda depan ke dalam dimensi yang sangat kecil, sebuah formula yang pada akhirnya akan ditiru oleh banyak pabrikan lain. Mini dikembangkan menjadi versi estate, van, dan pick up, sementara itu Mini-Cooper yang dikonfigurasi menjadi mobil balap, terutama rally.

Baca Juga: Begini Asal Usul Logo Kuda Jingkrak di Mobil Ferrari 

2. Bagaimana spesifikasi mesinnya saat itu?

Yuk Lebih Dekat dengan Austin Seven Mini, Mobilnya Mr Bean!Austin Seven Mini (classcicars.brightwells.com)

Austin Seven Mini menggunakan mesin berkapasitas 997 cc, lengkap dengan karburator SU 1,25 inci semi-downdraft kembar, camshaft yang disetel ulang, dan rasio kompresi yang lebih tinggi. Hasilnya adalah tenaga yang mampu mencapai 55 bhp.

Pihak pabrikan pun akhirnya melakukan pembaruan. Pada tahun 1964, mesin 997 cc digantikan oleh mesin 998 cc yang sedikit lebih bertenaga. Tidak lama kemudian, suspensi karet berbentuk kerucut karet dibuang demi memasang sistem Hidrolastik yang legendaris. Pada saat itu juga, ban radial mulai dipasangkan pada mobil ini.

3. Unjuk kebolehan dalam ajang balap rally

Yuk Lebih Dekat dengan Austin Seven Mini, Mobilnya Mr Bean!Mini melaju di balapan rally (mossmotoring.com)

Dengan berbagai pembaruan, menghasilkan banyak prestasi bagi Austin Mini. Terbukti, mobil ini sudah menggebrak rally Monte Carlo di sepanjang tahun 1960-an.

Pengemudi Mini, Pat Moss menyabet penghargaan wanita di ajang balap tahun 1962, sehingga membuka jalan bagi kemenangan lainnya bagi Paddy Hopkirk (1964), Timo Mäkinen (1965) dan Rauno Aaltonen (1967).

Baca Juga: Sejarah Balap Rally, Mini Salah Satu Pionernya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya