Comscore Tracker

Benarkah Mobil RWD Lebih Jago Melahap Tanjakan?

Mobil RWD tidak mudah selip saat melibas tanjakan

Jakarta, IDN Times - Ada beberapa sistem penggerak roda yang saat ini digunakan kebanyakan mobil di dunia, yakni FWD (penggerak roda depan), AWD (penggerak semua roda), 4WD (penggerak 4 roda), serta RWD (penggerak roda belakang).

Masing-masing sistem penggerak roda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi kali ini kita akan membahas plus minus mobil berpenggerak roda belakang atau RWD. Sebab mobil RWD di tanah air cukup banyak, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Isuzu Panther, Mitsubishi Pajero, hingga Toyota Innova dan Fortuner.

1. Apa itu sistem penggerak roda belakang?

Benarkah Mobil RWD Lebih Jago Melahap Tanjakan?www.autobytel.com

Sistem Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Sistem penggerak ini sudah lebih dulu populer ketimbang penggerak roda depan (FWD). Hingga hari ini masih banyak kendaraan yang mengadopsi sistem RWD, seperti truk dan bus.

Untuk mobil sendiri, Toyota Kijang Inova dan Avanza masih memertahankan penggunaan penggerak roda belakang. Selain itu, mobil mewah seperti BMW seri 5, Mercedes-Benz E Class dan S Class juga masih mengadopsi sistem RWD.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Sepeda Motor Gak Menggunakan Penggerak Roda Depan

2. Apa saja kelebihan sistem penggerak roda belakang?

Benarkah Mobil RWD Lebih Jago Melahap Tanjakan?carscoops.com

Kelebihan utama sistem RWD adalah distribusi bobot kendaraan. Posisi mesin berada di bagian depan, begitu pula dengan gearbox dan drive shaft di bagian tengah, juga differensial di belakang.

Dengan distribusi bobot yang ideal ini, sistem RWD punya handling yang baik namun cenderung oversteer. Hal ini karena fungsi roda depan yang berfokus pada kemudi sedangkan roda belakang sebagai penggerak, sehingga beban kerja dari setiap roda dapat terdistribusi secara optimal.

Selain itu, mobil dengan sistem RWD juga bisa melintasi tanjakan curam lebih baik dari mobil FWD. Ini karena roda penggeraknya berada di bagian belakang, sehingga ban tidak akan kehilangan traksi saat berada di jalan menanjak.

3. Sistem RWD juga punya kekurangan

Benarkah Mobil RWD Lebih Jago Melahap Tanjakan?carbuzz.com

Penggerak roda belakang juga punya kekurangan. Pertama, masalah efisiensi penyaluran tenaga. Dengan posisi mesin berada di bagian depan membuat tenaga harus melalui beberapa komponen untuk meraih penggerak di bagian belakang mobil.

Maka dari itu, tenaga yang dihasilkan akan tereduksi sebelum mencapai penggerak di belakang. Reduksi ini bahkan bisa mencapai 30 persen.

Mobil dengan sistem RWD membutuhkan ruang mesin yang besar karena menganut layout yang membujur. Tidak sampai situ, lantai kabin akan dipenuhi dengan jalur untuk transmisi dan drive shaft. Ini bisa mempengaruhi dimensi dan kelegaan kabin kendaraan. 

Jadi, apakah kamu tertarik dengan mobil penggerak roda belakang?

Baca Juga: Daihatsu Hy-Fun Concept, Bakal Jadi Penerus Xenia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya