Comscore Tracker

Cara Mengatasi Oversteer Saat Nyetir, Biar Mobil Gak Ngesot

Ban yang aus bisa jadi penyebabnya, lho

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan saat mengemudi, salah satunya adalah oversteer.  Oversteer adalah momen ketika ban belakang kehilangan traksi sehingga laju mobil menjadi tak terkendali alias ngepot.

Kondisi ini seringkali dialami oleh mobil penggerak roda belakang (RWD), terutama saat menikung tajam dengan kecepatan tinggi. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, yuk pahami dan pelajari cara mengatasi oversteer.

1. Mengapa bisa terjadi oversteer

Cara Mengatasi Oversteer Saat Nyetir, Biar Mobil Gak NgesotUnsplash/Arthur Poulin

Oversteer bisa terjadi saat mobil melaju terlalu kencang saat masuk ke tikungan sehingga ban kehilangan traksi. Ada dua kemungkinan terjadinya oversteer. Pertama, ban kendaraan mulai aus atau botak. Kedua, tenaga yang disalurkan ke ban belakang terlalu kuat.

Tapak ban yang sudah aus pun bisa kehilangan traksi, sehingga bagian belakang mobil tidak mau belok. Mobil akan kehilangan kendali dan bagian belakang akan menyebabkan bodi mobil akan tergelincir. Ngeri banget, kan?

Baca Juga: Yamaha NMAX ABS vs Non-ABS, Apa Saja Perbedaannya?

2. Gimana sih cara mengatasi oversteer?

Cara Mengatasi Oversteer Saat Nyetir, Biar Mobil Gak Ngesotmycardoeswhat.org

Jika mengalami oversteer, perlahan kurangi injakan pedal gas agar ban belakang mendapatkan traksi kembali. Secara bersamaan, lakukan counter putaran kemudi ke arah yang berlawanan atau lurus kembali.

Cara ini dilakukan agar roda belakang bisa mendapatkan kesempatan untuk bergerak lurus kembali searah dengan bagian depan mobil. Kemudian kamu bisa mengarahkan kemudi mobil agar bisa bermanuver kembali.

3. Lalu, bagaimana menghindari oversteer?

Cara Mengatasi Oversteer Saat Nyetir, Biar Mobil Gak Ngesotinstagram.com/aceitdriving

Untuk menghindari oversteer, kamu bisa memperlambat laju mobil saat mendekati tikungan. Perhatikan sudut tikungan agar kamu bisa memperkirakan kecepatan yang sesuai saat masuk ke tikungan.

Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam saat keluar dari tikungan. Kemudian, perhatikan kondisi tapak ban mobil agar selalu berada dalam kondisi terbaik sehingga punya daya cengkeram yang baik di jalanan.

So, selalu berhati-hati di jalan ya, terutama saat melibas tikungan!

Baca Juga: Jangan Asal Mengerem Saat di Tikungan, Ini Triknya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya