Comscore Tracker

Cara Mudah Membersihkan Dashboard Mobil

Ada tiga bahan yang bisa kamu gunakan

Jakarta, IDN Times - Dashboard menjadi bagian yang sering dilihat dan dijamah pengemudi saat sedang berkendara. Oleh karena itu dashboard rentan kotor akibat debu, kotoran, atau kecerobohan pengemudi sendiri, misalnya memegangnya di saat tangan sedang kotor.

Namun jangan khawatir jika dashboard kamu mulai kotor. Pasalnya kamu bisa membersihkannya sendiri tanpa perlu membawanya ke salon. Berikut adalah cara mudah dalam membersihkan dashboard mobil.

1. Menggunakan vacuum cleaner

Cara Mudah Membersihkan Dashboard Mobililustrasi vacuum cleaner (pexels.com/Anete Lusina)

Pertama, gunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner saat ingin membersihkan dashboard. Alat ini mampu membersihkan debu yang menempel pada dashboard dengan mudah. 

Setiap celah dapat dilibas oleh vacuum cleaner, sehingga memudahkan proses pembersihan dashboard. Tenaga hisap yang dimiliki vacuum cleaner mampu menghilangkan debu dalam sekejap.

Baca Juga: Deretan Aksesori Ini Bikin Nyetir Lebih Nyaman

2. Interior Cleaner

Cara Mudah Membersihkan Dashboard MobilDashboard mobil. Unsplash/Esther T

Ini merupakan cara termudah yang bisa kamu lakukan. Kamu tinggal meratakan interior cleaner ke sekujur bagian dashboard. Diamkan selama 15 menit agar cairan tersebut dapat bekerja secara maksimal. Lanjutkan dengan mengelap permukaan menggunakan kain mico fiber atau lap kanebo.

Jika masih terdapat noda membandel, lakukan sekali lagi hingga setiap kotoran benar-benar hilang. Gunakan interior cleaner yang mengandung bahan water base, ya.

3. Baking soda

Cara Mudah Membersihkan Dashboard Mobililustrasi soda kue atau baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Ternyata baking soda bisa membersihkan dashboard mobil kamu lho. Tuangkan seperempat cangkir baking soda ke botol berukuran besar, kemudian tambahkan seperempat cangkir cairan cuci piring. Kocok botol agar kedua bahan tadi bisa tercampur dengan rata.

Jika sudah tercampur, kamu bisa langsung memakainya untuk membersihkan dashboard. Ada baiknya untuk gunakan air hangat agar cairan tersebut bisa memberikan efek yang lebih maksimum.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Mobil LCGC

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya