Comscore Tracker

Fakta Menarik seputar Volkswagen Kombi, Mobil Unik Serbaguna

Lebih dari sekedar mobil

Jakarta, IDN TIMES - Siapa sih yang tidak mengenal Volkswagen? Produsen otomotif asal Jerman ini selalu menghadirkan mobil ikonik lintas era. Sebut saja VW Beetle atau VW 'Kodok', VW Safari, hingga VW Kombi. 

Volkswagen Kombi sendiri menjadi mobil yang digemari di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia yang komunitasnya masih menjamur di berbagai daerah. VW Kombi dianggap menjadi pionir mobil penumpang yang multifungsi.

Mobil ini juga lekat sebagai ikon dari gerakan flower generation orang-orang hippies di tahun 60'an akhir hingga muncul di film animasi Scooby Doo. Ada banyak hal lainnya yang perlu kita ketahui tentang mobil yang unik ini. Berikut adalah fakta menarik mengenai VW Kombi.

Baca Juga: Legend! Jenis Volkswagen dan Harga VW Beetle, Kombi, Safari

1. Terinspirasi dari troli bermotor

Fakta Menarik seputar Volkswagen Kombi, Mobil Unik Serbaguna

Hadir pada 1950, mobil ini pada awalnya diberi nama Transporter atau Kombinationskraftwagen. Karena memiliki nama resmi yang rumit, maka akhirnya disingkat menjadi Kombi. Mobil ini menjadi keluaran kedua milik Volkswagen, setelah suksesnya Beetle di pasaran. 

Pada awalnya, Ben Pon sebagai improtir mobil VW asal Belanda, membayangkan model mobil dengan bentuk seperti troli bermotor berbentuk kotak dengan ruang yang lega untuk mengangkut barang. Ben ingin mewujudkan mimpinya dengan membuat sketsa mobil ini menggunakan sasis milik VW Beetle.

Pada 1949, mobil ini pertama kali diperkenalkan di Geneve Motor Show. Pihak Volkswagen yang melihat antusiasme dari penggemarnya pun melanjutkan rancangan mobil ini ke jalur produksi.

2. Lebih dari sekedar mobil, VW Kombi sudah menjadi gaya hidup!

Fakta Menarik seputar Volkswagen Kombi, Mobil Unik Serbagunailustrasi VW kombi bus klasik (bernswaelz/pixabay.com)

Banyak yang menganggap jika mobil minibus dengan bentuk lengkung ini bukan hanya sekedar kendaraan saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup. VW Kombi pun lekat dengan simbol kebebasan. Jadi tidak heran mengapa mobil ini populer dikalangan hippies yang hidup secara nomaden. 

Mobil ini pada akhirnya menjadi kendaraan serbaguna yang bisa digunakan menjadi apa saja. Misalnya, VW Kombi sering dimodifikasi menjadi kedai makanan yang mengusung tema klasik, atau menjadi perpustakaan berjalan. Bahkan ada kasus unik di negara Brazil, dimana mobil ini digunakan sebagai mobil jenazah. Wow!

Baca Juga: Modifikasi Puluhan Juta VW Kombi Demi Rekreasi Nyaman Bersama Keluarga

3. Stop produksi setelah 63 tahun mengaspal

Fakta Menarik seputar Volkswagen Kombi, Mobil Unik Serbagunainstagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

VW Kombi pada akhirnya berhenti produksi, setelah 63 tahun sejak pertama kali diperkenalkan di hadapan publik. Alasanya sederhana, mobil ini tidak mendukung penggunaan airbag!

Regulasi keselamatan berkendara di Eropa yang berlaku menuntut setiap mobil untuk mempunyai airbag dan fitur anti-lock braking, sedangkan VW Kombi tidak mendukung kedua fitur tersebut. Sebenarnya produksi VW Kombi di Jerman sudah dihentikan sejak 1979, menyisakan Brazil sebagai negara produsen Kombi Type 2.

4. Berevolusi menjadi kendaraan ramah lingkungan

Fakta Menarik seputar Volkswagen Kombi, Mobil Unik Serbagunacarsales.com.au

Dari simbol generasi bunga, saatnya menjadi generasi hijau. Volkswagen memperkenalkan kendaraan listrik bak Kombi dengan nama ID Buzz yang siap diekspor secara global.

Kemungkinan besar, VW Buzz ini akan masuk ke Indonesia, melihat jumlah penggunaan dan eksposur mobil listrik yang semakin meningkat. ID. Buzz memiliki tenaga sebesar 369 hp dengan baterai berkapasitas 111 kWh.

Bagaimana, apakah kamu tertarik?

Baca Juga: 5 Fakta Unik di Balik VW Kodok, Satu Mobil Seribu Julukan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya