Comscore Tracker

Gagahnya Tampilan Ford Escape, Harga Bekasnya Menggiurkan Banget   

Menawarkan kenyamanan utuh dalam berkendara

Jakarta, IDN Times - Ford Escape pernah menjadi primadona di Indonesia pada awal 2000-an. Saat itu mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) ini banyak beredar di jalanan tanah air. Desain gagah, fitur berlimpah, serta kabinya yang nyaman menjadi senjata utama Escape melawan para rivalnya. 

Bahkan sampai saat ini masih banyak Ford Escape yang eksis. Ini bukti kalau mobil asal Amerika Serikat ini cukup tangguh. Nah, berikut beberapa fakta seputar Ford Escape yang perlu kamu ketahui, termasuk harga bekasnya kini.

1. Ford Escape meluncur pertama kali pada 2002

Gagahnya Tampilan Ford Escape, Harga Bekasnya Menggiurkan Banget   Ford Escape interior (es.wheelsage.org)

Ford Escape pertama kali hadir di Indonesia pada 2002. Saat itu mobil ini diimpor langsung oleh PT Ford Motor Indonesia dari Filipina. Saat pertama meluncur, hanya tersedia dua varian mesin, yakni Zetec 2.000 cc 4-silinder dengan transmisi manual dan mesin Duratec 3.000 cc V6 dengan transmisi otomatis berkode ZA.

Tidak lama setelahnya varian mesin Zetec 2.000 cc digantikan oleh mesin Duratec 2.300 cc yang juga mengusung 4-silinder.

Baca Juga: Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman 

2. Body yang kekar khas SUV

Gagahnya Tampilan Ford Escape, Harga Bekasnya Menggiurkan Banget   Ford Escape (Motorized Images LTD)

Ford Escape tampil dengan bentuk body yang kekar dan gahar. Hal itu berkat ground clearance yang tinggi dengan paduan sasis monokok. Dengan ini maka Ford Escape mampu melaju di jalanan yang tidak rata dan bergelombang, tanpa mengurangi rasa nyaman. 

Selama masa hidupnya, terdapat 3 model Ford Escape. Pertama, Ford Escape prefacelift yang dipasarkan hingga tahun 2005, model facelift yang dijual dari tahun 2006 hingga 2008, dan model terakhir yang diedarkan hingga Ford angkat kaki dari Indonesia. 

3. Ford Escape bersaing dengan SUV beken

Gagahnya Tampilan Ford Escape, Harga Bekasnya Menggiurkan Banget   Ford Escape 2008 (Motor Trend)

Di dalam negeri, Ford Escape sendiri telah bersaing ketat dengan para kompetitornya seperti Chevrolet Captiva, Honda CR-V, Hyundai Tuscon, Mazda CX-7, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-trail, dan Suzuki Grand Vitara. Penjualan SUV ini berakhir pada tahun 2012, sehingga Ford Ecosport menggantikan posisi yang telah ditinggalkannya.

Kurangnya minat publik terhadap Ford Escape tidak lain karena mimnya inovasi dari segi desain. Tampilannya yang monoton dan terkesan kaku membuat konsumen beralih ke SUV yang tampil menarik dan sporty, serta mengikuti arus jaman. 

Kini Ford Escape dijual mulai Rp50 jutaan di bursa mobil bekas. Gimana, tertarik mencicipi ketangguhan mobil ini?

Baca Juga: 5 Mobil SUV Bekas Pilihan, Harganya Gak Sampai Rp50 Juta  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya