Comscore Tracker

Ini Etika Makan di Dalam Mobil, Jangan Dianggap Sepele Ya!

Makan di dalam mobil tidak boleh sembarangan, lho

Jakarta, IDN Times - Sebenarnya tidak ada larangan makan di dalam mobil. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin makan di dalam mobil, apalagi jika di mobil tersebut ada orang lain.

Tapi harap diingat, makan saat menyetir itu bisa mengganggu konsentrasi. Karena itu usahakan melipir sebentar untuk makan. Itu lebih baik dari pada makan sambil nyetir.

Nah, berikut beberpa etika makan saat berada di dalam mobil.

1. Mobil harus berhenti

Ini Etika Makan di Dalam Mobil, Jangan Dianggap Sepele Ya!Ilustrasi lahan parkir. telegraph.co.uk

Jika ingin makan sejenak, pastikan mobil dalam kendaraan berhenti. Cari lokasi parkir yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain. Makan sambil menyetir mobil bisa memecah konsentrasi kamu, sehingga ini bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Selain itu, aroma makanan juga bisa menusuk indra penciuman sang pengemudi yang mungkin sensitif dengan makanan tersebut.

Baca Juga: Jangan Latah Menyalakan Lampu Hazard, Ini Aturan dan Etikanya

2. Gunakan alat makan

Ini Etika Makan di Dalam Mobil, Jangan Dianggap Sepele Ya!Parkir liar di depan Mall Panakukang Makassar, Kamis (30/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Agar makanan yang disantap tidak jatuh berceceran dan menempel di kabin, jok, dan bagian trim interior, maka ada baiknya untuk membawa alat makan berupa sendok dan garpu atau sedotan untuk minuman.

Alat makan bisa mempemudah kamu dalam menyantap makanan saat berada di dalam mobil. Pastikan juga untuk menyiapkan tisu atau kain serbet untuk membersihkan tangan atau mulut serta menyeka bekas makanan yang menempel pada interior mobil.

3. Siapkan plastik bekas untuk membuang sampah

Ini Etika Makan di Dalam Mobil, Jangan Dianggap Sepele Ya!Ilustrasi plastik (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kemudian, jangan lupa siapkan plastik bekas untuk membuang sampah sisa makanan. Ini bertujuan agar sisa sampah makanan tidak berantakan di dalam kabin mobil. Kumpulkan sisa sampah makanan ke dalam plastik bekas lalu ikat dengan kencang. Kemudian cari tempat sampah untuk membuangnya.

4. Pilih jenis makanan yang tepat

Ini Etika Makan di Dalam Mobil, Jangan Dianggap Sepele Ya!pexels.com/ella olsson

Karena kabin mobil mempunyai ruang yang terbatas, maka kamu harus pilih makanan yang penyajiannya tidak merepotkan. Kalau bisa, hindari makanan yang berkuah atau makanan yang bisa menyisakan remah-remah. Jangan memaksakan untuk menyantap makanan yang tidak praktis karena hanya akan membuat kotor interior mobil.

Baca Juga: 3 Etika Menyalakan Lampu Sein, Biker Wajib Tahu Nih!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya