Comscore Tracker

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!

Siap untuk menerjang medan tempur

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat {AS) adalah negara dengan anggaran militer terbesar di dunia. Pada 2016 lalu misalnya mereka mengalokasikan tak kurang dari 612 miliar dolar AS untuk pertahanan dan alutsista.

Tak mengejutkan jika militer Amerika Serikat kemudian menjadi yang terkuat di dunia. Tak mengherankan pula jika kendaraan-kendaraan tempur milik Paman Sam begitu canggih dan tangguh.

Nah, berikut beberapa kendaraan tempur Amerika Serikat yang menggoncang dunia.

1. Avenger Weapon System

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (military.com)

Angkatan Darat juga perlu menangani pertahanan udara dan Avenger menjadi senjata pilihan yang bisa mobile dari satu titik ke titik lain. Mobil ini mampu membawa delapan rudal Stinger yang bisa menembak jatuh helikopter atau pesawat terbang rendah jika diperlukan.

Kemampuannya untuk melacak dan menembak saat bergerak adalah salah satu aset yang luar biasa. Boeing memproduksi sistem senjata bergerak ini untuk Angkatan Darat hingga beberapa dekade terakhir dan mulai memasok kendaraan ke tentara Mesir pada tahun 2008.

Baca Juga: Perang SUV Monocoque vs Ladder Frame, Siapa Lebih Tangguh?

2. Buffalo Clearance Vehicle

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (military.com)

Kendaraan pembebas ranjau Buffalo (MPCV) membantu pasukan untuk menerjang daerah-daerah yang sangat berbahaya. Truk lapis baja berat ini berjalan dengan enam roda dengan berat mencapai 35 ton dan panjangnya 9 meter.

Kendaraan ini dibekali mesin Caterpillar C13 yang mampu menghasilkan torsi 1.483 dan bisa mencapai kecepatan maksimum 89 km per jam. Selain itu, kendaraan ini dilengkapi dengan lengan robotic setinggi 9 meter, lengkap dengan kamera dan perangkat sensorik yang bisa mengatur jarak bebas rute.

Sementara itu bagian depannya berbentuk V-nya untuk menjaga dampak ledakan ranjau seminimal mungkin.

3. Black Night Transformer

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (interestingengineering.com)

Meskipun Black Night Transformer belum beroperasi, kendaraan yang dikenal sebagai "jip terbang" ini tetap masuk ke dalam daftar kendaraan tempur AS yang canggih. Prototipe ini memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan maksimum 113 km per jam di darat dan bisa terbang setinggi 3.000 meter.

Advanced Tactics, perusahaan yang memulai debut konsep ini pada 2012, merancang kendaraan ini sebagai alat utama untuk mengangkut pasokan kargo. Tapi, kendaraan ini punya fungsi lebih dari sekadar melaju dan terbang saja, karena bagian bawahnya dapat menampung lambung kapal sebagai pengganti drivetrain.

4. M-ATV Assault

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (army-technology.com)

Di antara semua kendaraan kecil hingga menengah yang mendukung operasi militer ofensif dan defensif, M-ATV Assault Oshkosh memiliki tingkat perlindungan dan menjadi kendaraan serba guna.

Kendaraan ini mampu membawa hingga 11 awak dan menggunakan sistem suspensi independen yang siang menerjang medan off-road. Ketika bertarung, M-ATV Assault dibekali dengan platform senjata berupa rudal Javelin dan senapan mesin M249 5,56 mm.

5. LVSR Wrecker

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (pinterest.com)

LVSR MKR15 Wrecker adalah kendaraan pendukung berupa truk 10×10 milik Marinir AS. Kendaraan ini memiliki kemampuan menjangkau dan menderek kendaraan bermesin apa pun yang terjebak di lumpur, salju, atau air. Kemampuannya dalam mengangkat dan menarik kendaraan sangat mengesankan.

Truk ini dapat mengangkat dan menarik benda apa pun yang beratnya mencapai 44 ton. Sementara itu derek yang dipasang di belakang memiliki tingkat tarikan hingga bobot 35 ton.

6. Cougar 6x6 (MRAP)

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (wikipedia.org)

Meskipun ada beberapa model kendaraan Cougar yang tahan ranjau, varian 6x6 dengan peluncur granat otomatis bisa menjadi senjata yang paling mematikan. Kendaraan ini memiliki lambung berbentuk V yang terbukti efektif melawan serangan IED dan juga dapat menahan tembakan granat berpeluncur roket.

Kendaraan ini dibekali mesin diesel Caterpillar C-7 yang bisa menghasilkan hingga 330 tenaga kuda dan torsi 860. Kapasitas bahan bakar yang besar memberi Cougar 6x6 jarak tempuh sejauh 966 kilometer.

7. RG-31 Nyala

7 Kendaraan Tempur Amerika Serikat, Canggih dan Tangguh!Kendaraan tempur AS (militaryanalizer.com)

RG-31 Nyala adalah kendaraan segala medan yang mampu menampung sembilan awak ditambah satu pengemudi. Kendaraa ini memiliki perlindungan terhadap tembakan senjata ringan dan bom yang dirancang untuk menghancurkan tank.

Varian model terbaru seperti Mk6 menawarkan tempat duduk tahan ranjau di dalam RG-31. Kendaraan 4x4 ini menggunakan mesin diesel Cummins yang mampu menghasilkan lebih dari 400 tenaga kuda.

Baca Juga: Kendaraan Made In Pindad, Keren dan Siap Tempur!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya