Comscore Tracker

Kisah Wanita Tangguh: Ibu Roro, Master Driver TransJakarta

Kisah inspiratif wanita tangguh di hari Kartini

Jakarta, IDN TIMES - Dalam rangka merayakan hari Kartini yang jatuh setiap 21 April, Mercedez-Benz Bus Indonesia menghadirkan program #MercedesMobilityTalks dengan topik menarik, yaitu "Pengaruh Wanita Di Industri Otomotif".

Dalam bincang-bincang ini, Mercedez-Benz Bus Indonesia menghadirkan tiga wanita inspiratif, salah satunya RR. Retno Nurwani atau kerap disapa Ibu Roro, seorang Master Driver di TransJakarta.

Mau tahu kisah dan perjalanan hidup beliau? 

1. Kisah lika-liku yang Panjang

Kisah Wanita Tangguh: Ibu Roro, Master Driver TransJakartatataruangpertanahan.com

Ibu Roro lulus dari ilmu pertanian dan pada tahun 2006 melamar ke TransJakarta di bagian ticketing. Setelah Halte Lebak Bulus sudah mulai beroperasi di tahun 2008, Ibu Roro dipindahkan tugasnya ke koridor satu di posisi yang sama.

Saat itu, Ibu Roro memiliki impian untuk berada di belakang kemudi bus TransJakarta. Hal itu juga didukung oleh anak perempuannya, yang telah berpulang dan menginspirasinya dalam melakukan pekerjaan.

Kemudian pada 2010, Ibu Roro menjadi pramudi di bianglala metropolitan hingga 2012. Namun Ibu Roro banting stir menjadi pegawai negeri di perusahaan Damri bandara hingga pada akhirnya mengalami kecelakaan sepeda motor sepulang dari kerja.

Akhirnya, pada 2015 Ibu Roro mengikuti test selama 6 bulan sebagai driver di TransJakarta dan berhasil diterima.  Bulan Maret 2016, Ibu Roro naik level sehingga bisa mengemudikan double-bus Mercedes-Benz.

Baru pada November 2019, Ibu Roro berhasil menjadi Master Driver di TransJakarta. Menurutnya, semua itu bisa berhasil atas kerja keras dan juga terinspirasi dari anak perempuan serta keluarganya.

Baca Juga: Suka Duka Montir Perempuan: Pernah Diremehkan Kini Jadi Kepala Bengkel

2. Keseharian saat bekerja

Kisah Wanita Tangguh: Ibu Roro, Master Driver TransJakartaKaryawan mengendarai bus listrik saat uji coba di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menurut Ibu Roro, pihak TransJakarta  membuka peluang untuk menyetarakan pria dan wanita. Walaupun presentase pekerja yang ada disana kebanyakan adalah pria, namun banyak operator TransJakarta yang berasal dari kaum wanita.

Ibu Roro mengatakan sebagai wanita punya keunggulan, yaitu bisa mengendarai bus dengan halus dan fokus, sehingga sebisa mungkin akan membuat penumpang menjadi nyaman dan aman. TransJakarta juga membuka peluang bagi pramudi wanita, asalkan memiliki kompetensi dan punya SIM B1 umum.

Ibu Roro senang dengan bus buatan Mercedes-Benz, karena memiliki reparder yang membantu sekali saat kecepatan tinggi, sehingga Ibu Roro tidak hanya menggunakan rem tangan dan kaki saja. Menurut beliau, ada kepuasan tersendiri dalam mengendarai bus Mercedes-Benz.

3. Pengalaman paling berkesan

Kisah Wanita Tangguh: Ibu Roro, Master Driver TransJakartaIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengalaman yang paling berkesan bagi Ibu Roro adalah saat pengendara sepeda motor melaju di jalur TransJakarta. Menurutnya, pengendara motor yang melanggar tidak bisa menghormati sesama pengguna jalan.

"Seandainya motor itu tersenggol body bus, maka dia akan terjatuh dan akan menyalahkan busnya," katanya.

Untuk itu Ibu Roro punya siasat, yaitu dengan menyerongkan sedikit badan busnya agar sepeda motor tidak bisa menyalipnya. Sebagai Master Driver, Ibu Roro juga bertugas untuk melatih pramudi yang baru.

Beliau harus membina mengarahkan, dan membimbing pramudi baru agar bisa melakukan tugasnya dengan baik. 

4. Pesan dan kesan

Kisah Wanita Tangguh: Ibu Roro, Master Driver TransJakartapixabay.com/Anemone123

Ibu Roro mengingatkan untul disini tidak lupa mengucapkan puji dan syukur karena sudah diberikan rezeki dan pekerjaan yang baik.

Sementara kunci sukses menurutnya adalah ikhlas, disiplin, dan punya rasa tanggung jawab.

"Tetaplah semangat, kita harus hidup setara dalam persamaan gender. Semangat kartini harus ada didalam diri kita," katanya.

Baca Juga: Gini Lho Cara Baca Nama Mobil Mercedes-Benz yang Benar, Sudah Tahu?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya