Comscore Tracker

Memahami Spoiler Mobil, Penting atau Sekadar Gimmick Belaka?

Membuat laju mobil lebih terkendali

Jakarta, IDN Times - Jika kamu penggemar mobil balap, kamu sering melihat spoiler yang menempel pada body belakang mobil. Kehadiran spoiler biasanya akan membuat penampakan mobil menjadi lebih sporty. Tapi fungsi spoiler ternyata bukan sekedar mempergahar tampilan mobil, lho.

1. Menekan gaya angkat mobil

Memahami Spoiler Mobil, Penting atau Sekadar Gimmick Belaka?youtube.com/Spoiler mobil

Spoiler sangat berpengaruh terhadap aerodinamika pada mobil. Jika mobil melaju kencang, maka ada kemungkinan mobil itu dapat sedikit terangkat ke udara. Maka dari itu, spoiler hadir untuk menekan mobil agar tidak terangkat dan tetap berada di jalan. Spoiler bertanggung jawab menangani aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Baca Juga: 5 Pilihan Game Balap Motor dan Mobil Paling Seru di Ponsel Android

2. Meningkatkan handling mobil

Memahami Spoiler Mobil, Penting atau Sekadar Gimmick Belaka?carmagazine.co.uk/Spoiler mobil

Tidak heran mengapa mobil balap selalu menggunakan spoiler. Tujuanya agar mobil lebih mudah dikendalikan. Fungsi kedua ini masih berkaitan dengan urusan aerodinamika, yaitu menjaga mobil agar tetap pada jalurnya.

3. Jangan asal pasang spoiler

Memahami Spoiler Mobil, Penting atau Sekadar Gimmick Belaka?mikeshouts.com/Spoiler mobik

Pemasangan spoiler pada mobil tidak boleh sembarangan, ya. Spoiler tidak hanya dipasang pada bagian belakang mobil saja, melainkan juga di bagian bemper depan dan samping panel bawah pintu di sisi kira dan kanan.

Jika hanya dipasang di belakang saja, maka mobil bisa kehilangan kendali saat melaju kencang. Selain itu, pemasangan spoiler yang asal-asalan bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Jadi pastikan untuk memasang di tempat yang tepat atau bisa pergi ke ahlinya.

Baca Juga: Mobil-mobil Beratap Langit, Harga Bekasnya Masih Selangit 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya