Comscore Tracker

Mengapa Peugeot Menggunakan Logo Singa?

Menjadi lambang mobil tertua di dunia

Jakarta, IDN Times - Peugeot adalah pabrikan mobil asal Prancis yang didirikan pada 1810 oleh Emile Peugeot. Saat ini Peugeot menjadi bagian dari PSA Peugeot Citroën Group dan telah menjelma menjadi produsen mobil terbesar kedua di Eropa setelah Volkswagen.

Belum lama ini Peugeot memutuskan me-rebranding perusahaan dengan mengganti logo mereka yang sebelumnya berupa seekor singa menjadi logo kepala singa di dalam perisai bertuliskan 'Peugeot'.

Hmm..mengapa mereka memilih logo singa, ya?

1. Mewakili kekuatan perusahaan sejak abad ke-19

Mengapa Peugeot Menggunakan Logo Singa?Peugeot (1000logos.net)

Logo Peugeot berasal dari tahun 1847. Logo ini sekligus menjadikan lambang mobil tertua di dunia. Ide singa sebagai simbol merek lahir pada pertengahan 1800-an, ketika bisnis baja keluarga Peugeot membutuhkan logo.

Saat itu mereka memutuskan memakai logo singa yang mencerminkan aktivitas dan kekuatan perusahaan. Singa juga merupakan simbol heraldik dari komune tempat keluarga Peugeot berasal.

Sejak iti logo Peugeot mengalami banyak perubahan. Tapi ikon singa itu selalu ada. Selama bertahun-tahun logo singa telah mengalami perkembangan. Pada 1998, simbol singa memiliki tambahan cakar untuk menunjukkan kekuatan dan keseimbangan perusahaan.

Selain itu, warna latar belakang biru mulai diperkenalkan untuk melambangkan sifat berpikir maju perusahaan.

Baca Juga: Duo SUV Peugeot 3008 dan 5008 Dapat Penyegaran

2. Logo tahun 1975 paling ikonik

Mengapa Peugeot Menggunakan Logo Singa?logo Peugeot (1000logos.net)

Tahun 1975 merupakan lahirnya logo “Lion outline” yang terkenal. The Lion Rampant hadir kembali, namun kini terlihat futuristik. Siluet perak ditempatkan pada latar belakang hitam. Garis punggungan menambah volume dan energi pada logo. Pada tahun 1976 warna biru diganti dengan warna hitam dan logo menjadi lebih hidup dan cerah.

Pada 2021, pabrikan mobil Prancis yang terkenal ini melakukan perubahan pada identitas visualnya. Logo baru Peugeot menampilkan perisai hitam berkelas dengan garis putih ganda dan potret bergaya singa, digambar dengan profil menghadap ke kiri. Kata  'Peugeot' ditempatkan di atas kepala maskot, ditulis dengan huruf kapital sans-serif persegi dan agak sedikit melengkung.

3. Arti logo singa yang melambangkan keagungan

Mengapa Peugeot Menggunakan Logo Singa?ilustrasi mobil Peugeot (instagram.com/peugeot)

Lion Rampant dari lambang Peugeot melambangkan kekuatan dan kesetiaan. Ini telah menjadi simbol heraldik yang sangat populer di Skotlandia dan Prancis. Rampant mengacu pada posisi singa yang berdiri dengan dua kaki belakang sementara kaki depannya terangkat, menghadap ke kiri. Singa itu sendiri adalah simbol keberanian dan keagungan.

Lambang Peugeot adalah perayaan desain modern ikon klasik dan abadi. Logo ini mewakili citra percaya diri dan berani, dengan palet warna metaliknya yang menambah keandalan dan kepercayaan pada merek tersebut.

Baca Juga: Motor-motor Peugeot Ini Desainnya Out of The Box Banget

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya