Comscore Tracker

Mengenal Mesin V6 yang Bisa Bikin Mobil Kamu Ngebut

Salah satu jenis mesin mobil berkonfigurasi V terbaik

Jakarta, IDN Times - Mesin memiliki pengaruh besar pada performa mobil kamu. Apabila kamu menggunakan mesin yang kuat, maka tenaga mobil kamu akan bertambah, sehingga dapat melaju lebih kencang dari biasanya.

Jika kamu berniat menambah tenaga, mungkin kamu bisa memilih mesin V6 untuk ditanamkan ke mobilmu. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar mesin V6. 

Baca Juga: Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? 

1. Ukuran lebih ringkas

Mengenal Mesin V6 yang Bisa Bikin Mobil Kamu Ngebutwikipedia.org/Mesin V6

Ukuran mesin V6 lebih ringkas daripada 6-inline yang diadopsi kebanyakan mobil. Hal ini menjadi keunggulan bagi mesin V6, karena kamu bisa menambah komponen lainnya dalam menunjang performa mobil kamu.  

2. Memiliki Torsi Yang Lebih Besar

Mengenal Mesin V6 yang Bisa Bikin Mobil Kamu Ngebutdrivetribe.com/Mesin V6

Semua mesin berkonfigurasi V seperti V6, memiliki torsi yang besar. Apalagi, jika dibandingkan mesin inline biasa. Berkat desain "V", mesin ini bisa memiliki piston yang  dapat bekerja pada rpm rendah.

Itulah mengapa mesin V6 banyak diterapkan di mobil kencang, karena bisa menghasilkan tenaga besar berkat piston yang terpasang di setiap bagian.

3. Kekurangan mesin V6

Mengenal Mesin V6 yang Bisa Bikin Mobil Kamu Ngebutpinterest.com/Mesin V6

Terlepas dari banyak keunggulan dari berbagai jenis konfigurasi mesin mobil, V6 memiliki kekurangan, yaitu biaya perawatan yang cukup besar. Hal itu disebabkan oleh komponennya yang cukup banyak, sehingga untuk bisa membuat dan merawatnya pun butuh biaya lebih.

Di satu sisi, mesin V6 memang ringkas, tidak seperti model konfigurasi inline yang memanjang. Tetapi di sisi lain, mesin V6 itu lebih berat dan besar, sehingga akan menjadi kesulitan tambahan bagi kamu.

Baca Juga: Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih Laris

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya