Comscore Tracker

Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic, Jangan Sampai Keliru Ya!

fitur ini penting saat ingin memarkir mobil matic

Jakarta, IDN Times - Perkembangan teknologi otomotif semakin canggih. Jika dahulu ada orang yang menganggap mobil matic gak bisa didorong saat parkir paralel, maka pernyataan ini tidak lagi relevan.

Pasalnya mobil matic keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi shift lock.  Namun, apakah kamu tahu fungsi dari shift lock yang sebenarnya? Untuk itu, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Fungsi shift lock pada mobil matic

Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic, Jangan Sampai Keliru Ya!littletonautorepairs.com

Tombol shift lock berfungsi memindahkan posisi transmisi mobil dari P ke N (Netral). Tombol ini memudahkan dan membantu pengemudi yang ingin memarkirkan mobilnya ke posisi paralel.

Jadi jika mobil kamu menutup posisi keluar kendaraan lain, petugas parkir dapat dengan mudah untuk memindahkannya, karena roda mobil tidak dalam keadaan terkunci. 

Baca Juga: Mau Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Keunggulan Serta Kekurangannya!

2. Di mana letak tombol shift lock?

Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic, Jangan Sampai Keliru Ya!carthrottle.com

Tombol shift lock ini mudah ditemui. Kamu bisa mencarinya di dekat tuas transmisi mobil. Kamu bisa menggunakan tombol ini setelah memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi P, kemudian matikan mesin. Barulah kamu dapat menekan tombol shift lock dan bisa menggeser tuas kembali ke posisi N.

3. Perhatikan! Jangan menarik tuas rem parkir, ya

Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic, Jangan Sampai Keliru Ya!eliottschool.org

Ada hal penting untuk diperhatikan dalam menggunakan shift lock. Setelah menekan tombol dan memindahkan tuas transmisi ke posisi N, jangan menarik tuas rem parkir, ya. Karena ini menjadi sia-sia, dan roda mobil akan terkunci sehingga tidak bisa didorong atau digeser. 

Tanpa adanya shift lock, kamu tidak bisa memindahkan transmisi dari P ke N. Jika saat parkir kamu langsung memindahkan tuas ke N tanpa menekan shift lock, maka kunci kontaknya tidak akan tercabut sehingga mesinnya tidak mau dimatikan sebelum tuas dipindahkan ke posisi P.

Baca Juga: 4 Pilihan Oli Transmisi Terbaik, Cocok Buat Mobil Matic

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya