Comscore Tracker

Mengintip Perubahan 3 Generasi Toyota Avanza

Mobil sejuta umat ini ternyata sudah berumur belasan tahun

Jakarta, IDN TIME - Siapa yang tidak mengenal mobil yang satu ini. Ya, Toyota Avanza memang dijuluki "mobil sejuta umat", lantaran popularitasnya yang begitu besar. Kita pasti sering menjumpai mobil yang satu ini di jalanan.

Banyak orang menilai jika mobil ini punya mesin tangguh, ditambah perawatannya mudah dan mampu bepergian jauh sekalipun. Daya angkutnya juga besar, membuat mobil ini menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia. 

Toyota Avanza sudah mengaspal sejak 2003 silam. Terhitung, sudah ada tiga generasi yang dijual di pasaran. Berikut adalah transformasi Toyota Avanza dari generasi ke generasi.

1. Toyota Avanza (2003-2011)

Mengintip Perubahan 3 Generasi Toyota Avanzapribadi

Awal kemunculannya, Toyota Avanza hadir dalam dua varian, yaitu 1.3 E dan 1.3 G dengan transmisi manual lima percepatan. Mobil ini hadir dalam bentuk melengkung seperti kurva yang sedang populer pada saat itu. Dari segi fitur masih sangat minim, namun mampu mencuri perhatian publik lantaran kapasitasnya yang mampu menampung tujuh penumpang.

Dari segi interior, terdapat sistem audio yang dilengkapi pemutar kaset pita. Kemudian pengaturan AC belum bisa diatur arah semburan anginnya. Mobil ini juga sudah mengadopsi teknologi power window dan pengaturan spion model elektrik.

Untuk urusan mesin, Toyota Avanza menggunakan mesin dengan kode K3DE berkapasitas 1.300 cc, namun belum mengusung teknologi VVT-i. Tenaga yang dihasilkan sebesar 87 dk dan torsi maksimum 116 Nm.

Baca Juga: Garang dan Nyamannya Toyota 86 2022 yang Baru Diperkenalkan

2. All New Toyota Avanza (2011-2014)

Mengintip Perubahan 3 Generasi Toyota Avanzacaroline.id

Setelah diperkenalkan di ajang IIMS 2010, Toyota Avanza generasi kedua diluncurkan pada 2011. Kali ini, Toyota melakukan pembaruan besar-besaran pada bagian eksteriornya, sehingga diberi nama All New Avanza.

Terlihat desain yang begitu segar dari sebelumnya, seperti lampu berbentuk segitiga, namun masih mengusung reflector biasa. Bumpernya juga terlihat modern dengan lekukan yang lebih tajam, kemudian grilnya kian besar menyatu di kanan dan kiri.

Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.3L dan 1.5L, dan memiliki tiga tipe, yaitu 1.3 E, 1.3 G, serta 1.5 Veloz. Toyota Avanza generasi kedua dibekali mesin berkode 1NR-FE dengan tenaga maksimal mencapai 95 dk per 6.000 rpm dan torsi maksimal 125 Nm per 4.000 rpm. Untuk varian Veloz sendiri dibekali mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE dengan tenaga maksimal 102 dk per 6.000 rpm dan torsi 114 Nm per 4.000 rpm.

3. Grand New Avanza (2015-2019)

Mengintip Perubahan 3 Generasi Toyota Avanzaautodeal.com.ph

Terakhir, Toyota Avanza generasi ketiga lahir pada tahun 2015 kemarin dengan sebutan Grand New Avanza atau Grand New Veloz. Tampilan yang paling terlihat bedanya terletak pada bagian facelift.

Selain itu, mobil ini sudah menggunakan model reflektor baru, gril yang lebih tebal, dan bumper yang berbeda antara varian Avanza biasa dengan Veloz. Untuk varian mesinnya tidak jauh berbeda, tersedia pilihan mesin 1.3L dan 1.5L dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Baca Juga: Bursa Mobil Bekas di Masa COVID-19, OLX: Innova & Avanza Paling Diburu

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya