Comscore Tracker

Mobil Mendadak Sulit Dikendalikan, Ini Cara Mengatasi Understeer 

Jangan panik dan tetap tenang adalah kuncinya

Jakarta, IDN Times - Jika mungkin pernah mendengar istilah overteer, maka understeer adalah kebalikannya. Seperti oversteer, understeer pun bisa memicu kecelakaan fatal. Sebab understeer akan membuat mobil sulit dikendalikan. 

Karena itu yuk cari tahu apa itu understeer dan bagaimana cara menanganinya.

1. Understeer membuat mobil sulit dikendalikan

Mobil Mendadak Sulit Dikendalikan, Ini Cara Mengatasi Understeer caradvice.com.au/Understeer

Understeer merupakan kondisi di mana mobil menjadi sulit untuk berbelok dan tetap berjalan lurus meskipun roda kemudi sudah diputar. Faktornya penyebabnya beragam, salah satunya adalah kerusakan pada sistem kemudi kendaraan.

Kondisi ini dapat membahayakan nyawa pengemudi dan penumpang, apalagi saat dalam kecepatan tinggi. Jika tidak berhasil dikendalikan mobil bisa menabrak dinding pembatas atau terperosok ke tikungan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Oversteer Saat Nyetir, Biar Mobil Gak Ngesot

2. Mengapa bisa terjadi understeer?

Mobil Mendadak Sulit Dikendalikan, Ini Cara Mengatasi Understeer autoevolution.com/Understeer

Biasanya understeer sering terjadi pada mobil dengan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Roda depan pada mobil jenis ini bertugas untuk membelokan arah serta sebagai sumber penggeraknya.

Saat dipacu dengan kecepatan tinggi, otomatis ban depan juga akan punya putaran yang kencang. Semakin kencang putaran ban maka traksi atau daya cengkeram ban ke jalan semakin berkurang.

Pada situasi inilah mobil menjadi sulit dibelokkan karena ban kehilangan traksi. Akibatnya mobil akan tetap melaju ke depan meski roda kemudi sudah dibelokkan.

3. Ada beberapa cara menanganinya

Mobil Mendadak Sulit Dikendalikan, Ini Cara Mengatasi Understeer autoevolution.com/Understeer

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan saat terjadi understeer. Pertama, kendalikan respon alamiah saat menyetir. Saat kendaraan tergelincir, pasti respon alamiah kamu akan memutar kemudi ke arah berlawanan dan langsung menginjak pedal rem, bukan?

Maka dari itu, kendalikan respons tersebut karena kedua hal tadi bisa membahayakan keselamatan diri. Kedua, konsentrasi dan analisa, apakah ini memang understeer atau ada masalah lain pada roda kemudi. Cobalah untuk memutar roda kemudi.

Ketiga, jangan menginjak pedal rem terlalu dalam. Ini merupakan kesalahan umum pengemudi saat terjadi understeer. Mengerem terlalu kencang saat berbelok akan mengunci ban sehingga membuat mobil kamu mudah terpelanting.

Keempat, lepaskan pedal gas secara perlahan. Ini bertujuan untuk memperlambat laju kendaraan tanpa menginjak rem. Kemudian, kendalikan roda kemudi ke arah lurus agar tidak tergelincir.

Baca Juga: 6 Tips Menghindari Tabrakan Beruntun, Gak Cukup Jaga Jarak!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya