Comscore Tracker

Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  

Pajero Sport vs Fortuner, Jazz vs Brio

Jakarta, IDN Times - Persaingan di pasar otomotif memang selalu sengit. Sebab setiap kali satu pabrikan merilis mobil baru, pabrikan lain akan meluncurkan mobil yang kemudian menjadi pesaing 'abadinya'.

Di dunia SUV misalnya, banyak sekali pabrikan yang bersaing ketat. Begitu juga di segmen hatchback, sedan dan mobil keluarga atau MPV. Nah, berikut mobil-mobil yang bersaing dengan sangat ketat di pasar mobil tanah air.

1. Toyota Kijang Innova (diesel) vs Isuzu Panther

Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  dok. Isuzu

Keduanya merupakan mobil yang punya ciri khas tersendiri. Kalau Panther sering disebut 'Si Rajanya Diesel', maka Kijang Innova punya julukan 'Memang Tiada Duanya'. Keduanya hadir dalam varian diesel. Seperti yang kita ketahui, mesin diesel punya kelebihan berupa konsumsi bahan bakar yang irit dan perawatan yang mudah.

Untuk urusan akselerasi, Isuzu Panther mampu melaju dari 0-100 km/jam dengan waktu 17,44 detik. Sedangkan Toyota Innova memakan waktu 18,63 detik untuk mencapai 100 km/jam. Tetapi pada 40 hingga 80 kilometer, Toyota Innova lebih unggul ketimbang Isuzu Panther.

Baca Juga: 5 Alasan Harga Bekas Isuzu Panther Stabil Banget, Padahal Minim Fitur

2. Toyota Yaris vs Honda Jazz

Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  carmagazine.co.uk

Kedua mobil hatchback ini merupakan idola bagi kaum muda yang menginginkan kendaraan yang praktis, namun tetap sporty. Apalagi Toyota Yaris belum lama ini diberikan penyegaran untuk mendongkrak penjualan yang sempat disalip oleh Honda Jazz.

Toyota Yaris dilengkapi mesin 1.496 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga hingga 105 dk per 6.000 rpm dan torsi 137 Nm per 4.200 rpm. Sedangkan Honda Jazz sudah dibekali mesin 1.497 cc 4-silinder SOHC i-VTEC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 118 dk per 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm per 4.600 rpm.

3. Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  Motor1

Masuk ke kelas SUV, kali ini kontestan yang bertarung adalah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Kedua SUV bongsor ini menawarkan desain yang sporty, modern ala perkotaan, namun tetap tangguh dan kekar layaknya mobil off-road. Fitur-fitur yang dihadirikan juga sama canggihnya.

Namun untuk urusan dapur pacu, Toyota Fortuner dilengkapi dengan mesin 2TR-FE 2.700 cc 4-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga hingga 163 PS per 3.400 rpm dan torsi sebesar 242,2 Nm per 4.000 rpm. Sementara itu untuk Mitsubishi Pajero Sport dibekali mesin  4N15 2.4 liter VGT-Intercooler yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 181 PS per 3.500 rpm dan torsi hingga 430 Nm per 2.500 rpm.

4. Suzuki Ertiga vs Daihatsu Xenia

Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  youtube.com/Mycarhelpline. com

Terakhir untuk kelas LMPV, dua kontestan yang beradu adalah Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Walau secara keseluruhan Xenia menawarkan fitur yang lebih banyak, namun Ertiga tetap memiliki poin keunggulan. Misalnya Daihatsu Xenia sudah menggunakan mesin terbaru dual VVT-i 1.3 liter bertenaga 97 PS dan torsi 121 Nm. Sedangkan Suzuki Ertiga dibekali mesin 1.4 liter VVT dengan tenaga 92 PS dan torsi 130 Nm.

Walau begitu, konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga ternyata lebih baik, yaitu 19,2 km/liter jika dibandingkan dengan Daihatsu Xenia, yakni 16,8 km/liter. Memang tingkat konsumsi bahan bakar dipengaruhi oleh banyak faktor, tetapi kedua LMPV ini tergolong irit jika digunakan harian.

Baca Juga: Daftar MPV dan SUV Diesel Pilihan, Mesin Bandel Irit Solar  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya