Comscore Tracker

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di Indonesia

Toyota sudah eksis di Indonesia sejak 50 tahun lalu

Jakarta, IDN TIMES - Kalau ada merek mobil yang paling populer di tanah air, merek tersebut pastilah Toyota. Sebab pabrikan otomotif asal Jepang ini sudah eksis di Indonesia sejak 50 tahun atau setenga abad lalu. Sebuah perjalanan yang sangat panjang. 

Tak mengherankan jika Toyota kini menjelma menjadi raksasa omotif di Indonesia. Tak mengejutkan jika jika mereka memimpin pasar tanah air. Sebab mobil-mobil garapan Toyota dinilai tangguh dan nilai jual kembalinya lumayan tinggi.

Nah, berikut mobil-mobil Toyota yang pernah mencuri hati pasar otomotif tanah air.

1. Toyota Kijang Super

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di Indonesiadok. Toyota

Saat Toyota pertama kali masuk ke Indonesia pada awal tahun 70'an, mereka meluncurkan mobil dengan harga terjangkau bernama "Kijang" atau kesingkatan dari Kerja sama Indonesia-Jepang. Saat itu, Toyota Kijang hanya khusus untuk mengangkut barang saja. Jenis ini sering disebut sebagai Kijang "Buaya", karena bukaan kap mesinnya menyerupai mulut buaya. Tahun 1981, Kijang beralih fungsi menjadi mobil keluarga. Mobil yang disebut sebagai Kijang "Doyok" ini mempunyai nama resmi Toyota Kijang KF20. 

Di tahun 1986, Toyota mengeluarkan seri Kijang terbaru, yaitu Kijang Super. Generasi ketiga Kijang ini memiliki full pressed body yang menjadi teknologi otomotif tercanggih saat itu. Kijang Super hadir dalam dua varian, yaitu dengan chassis pendek KF40 dan chassis panjang KF50. Pada tahun 1989, generasi ketiga ini berhasil mencetak rekor penjualan 200 ribu unit, bertepatan juga dengan penjualan 500 ribu unit mobil oleh Toyota. Kijang mengalami banyak perkembangan hingga hari ini berevolusi menjadi Toyota All New Kijang Innova.

Baca Juga: Cuma Diproduksi 50 Unit, Ini Kelebihan Kijang Innova Limited Edition

2. Corolla DX

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di Indonesiapinterest

Corolla DX adalah mobil anak muda pada era 80'an. Tak heran saat itu banyak muda mudi yang sering berkenalana di sore hari menggunakan mobil ini. Corolla DX menggunakan mesin 4K berkapasitas 1.3 liter. Mesinnya tangguh, dan sistem penggeraknya menggunakan roda belakang. Maka dari itu, Corolla DX merupakan salah satu sedan terkuat pada masanya dan tidak rewel saat diajak berpergian jauh. Dalam urusan transmisi, Corolla DX menggunakan sistem 4 percepatan manual.

3. Toyota Land Cruiser FJ40 "Hardtop"

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di Indonesiacintamobil.com/Toyota Land Cruiser Hardtop

Land Cruiser seri FJ40 merupakan salah satu produk legendaris keluaran Toyota. Gimana tidak, citra mobil ini tidak lepas dari sebutan "mobil penculik", lantaran karakter antagonis film saat itu selalu menggunakan mobil ini. Saat Toyota FJ40 pertama diluncurkan di Indonesia, mobil ini menggunakan mesin seri F OHV 6 silinder berkapasitas 3.878 cc, kemudian pada tahun 1975 diganti dengan mesin 3F 4.230 cc.

4. Toyota Starlet generasi ketiga

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di Indonesiaflickr.com

Di era 90'an, Toyota meluncurkan produk baru mereka, Starlet. Mobil hatchback ini merupakan pendahulunya Toyota Yaris yang dirilis di dekade 2000'an. Sebenarnya mobil ini sudah terlebih dahulu diproduksi di Jepang bernama Starlet Publica pada tahun 1973, namun baru menjadi terkenal di Indonesia saat memasuki generasi keempat. 

Mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling banyak dicari, lantaran biaya perawatan yang murah, suku cadang yang masih bisa dijumpai, serta mudah dimodifikasi. Toyota Starlet generasi ketiga memiliki tiga tipe mesin, yaitu 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injeksi), dan 4E-FTE (injeksi dengan turbo). 

5. Toyota Avanza

Mobil-mobil Toyota Ini Pernah Menjadi Idola di IndonesiaToyota Avanza 2012. FavCars.com

Tiap kamu menyusuri jalan, pasti kamu akan menjumpai mobil ini. Toyota Avanza menjadi mobil pilihan keluarga Indonesia sejak awal rilisnya di awal tahun 2000'an. Mobil ini dikenal tangguh dan mudah dirawat, serta memiliki kapasitas yang mampu menampung banyak orang. Tidak heran, mengapa banyak orang yang senang dengan Toyota Avanza hingga seri terbarunya saat ini.

Baca Juga: 50 Tahun Toyota di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik di Balik Toyota Kijang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya