Comscore Tracker

SUV Suzuki Grand Vitara, Spartan Tapi Elegan 

Harganya kini di bawah Rp100 juta

Jakarta, IDN TIMES - Pada tahun 2006 lalu, Suzuki meluncurkan Grand Vitara menggantikan seri Vitara dan Vitara XL-7. Pembaruan ini dilakukan tidak hanya pada tampilan luarnya saja, tapi juga pada teknologi beserta komponen dalamnya.

Mobil ini mungkin memang kalah pamor ketimbang mobil lain yang berada di kelasnya. Meski begitu, Suzuki Grand Vitara tetap menawarkan sejumlah keunggulan dibanding pesaingnya. Ada sejumlah fakta menarik seputar mobil ini. Yuk mari kita intip bersama.

1. Bersaing di kelas SUV 5-seater

SUV Suzuki Grand Vitara, Spartan Tapi Elegan olx.co.id

Di pasar mobil tanah air, Suzuki Grand Vitara bersaing ketat dengan mobil SUV 5-seater lainnya, seperti Honda CR-V, Nissan X-trail, dan Ford Escape. Belum lagi persaingan dengan mobil asal Korea seperti Hyundai Tuscon dan KIA Sportage.

Semuanya menawarkan harga yang kompetitif. Namun, Suzuki Grand Vitara menawarkan keunggulan dalam hal fitur dan spesifikasi. Apalagi dari segi desain eksteriornya saja sudah menjadi pembeda bagi Grand Vitara bisa tampil lebih kekar dibandingkan pesaingnya.

Baca Juga: Antimainstream, Ini 5 Pilihan SUV Coupé dari Jerman

2. Tampilan luar dalam yang spartan

SUV Suzuki Grand Vitara, Spartan Tapi Elegan carseatcover.eu

SUV ini hadir dengan desain berbentuk boxy yang dapat dengan mudah dikenali saat berada di jalanan. Terdapat lampu HID yang terpasang pada bagian depan, spion retract, dan gril berkasen krom.

Sedangkan dari interiornya sendiri Grand Vitara dibalut dengan warna hitam seluruhnya pada jok, dashboard, dan trim yang digunakan. Terdapat pula panel yang saling menyatu, termasuk Audio Steering Control yang memberikan kemewahan pada mobil ini. Mobil ini juga sudah menerapkan teknologi power steering.

3. Performa mesin yang bertenaga

SUV Suzuki Grand Vitara, Spartan Tapi Elegan Suzuki Grand Vitara

Untuk urusan dapur pacu, Suzuki Grand Vitara menggunakan mesin berkapasitas 2.400 cc 4-silinder bertenaga 166 hp dengan torsi sebesar 225 Nm. Selain itu, mobil ini menggunakan teknologi drive by wire, yang diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 168,5 PS per 6.000 rpm. Suzuki Grand Vitara menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

4. Harga bekasnya terjun bebas

SUV Suzuki Grand Vitara, Spartan Tapi Elegan cnet.com

Meski menawarkan segudang fitur yang lebih kompetitif, Suzuki Grand Vitara nampaknya kalah pamor dengan pesaingnya. Hingga hari ini, harga dari mobil ini terus menurun.

Untuk harga mobil Suzuki Grand Vitara keluaran tahun 2006 saja sudah turun menjadi Rp60 juta hingga Rp80 juta. Sedangkan untuk mobil keluaran tahun 2012 masih berada di kisaran angka Rp110 juta.

Gimana, tertarik?

Baca Juga: Persaingan Ketat Compact SUV, Mana yang Lebih Unggul?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya