Comscore Tracker

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Bensin Gak Terbuang Percuma

Dianggap sepele namun memegang peranan penting

Jakarta, IDN Times - Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan menjadi sangat penting dilakukan. Ini akan membuat celah-celah mesin mobil untuk terlumasi dengan baik sebelum digeber. Namun masalahnya masih banyak orang yang menyepelekan kegiatan ini.

Sikap seperti itu dapat membuat kerusakan pada mesin mobil dan bisa menyebabkan mobil menjadi boros bensin. Untuk itu, berikut adalah cara tepat dalam memanaskan mesin mobil.

1. Panaskan mesin mobil selama satu menit saja

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Bensin Gak Terbuang Percumabmwgroup.com

Mobil keluaran saat ini sudah memiliki teknologi serta fitur yang canggih, sehingga kamu hanya perlu memanaskan mobil selama lima menit saja. Tidak perlu berlama-lama, karena bensin akan terbuang sia-sia.

Untuk bisa mengetahui apakah mesin sudah siap jalan, kamu perlu melihat indikator temperatur mesinnya. Jika dalam kondisi normal, jarum secara perlahan akan naik ke posisi tengah, dan mobil siap digunakan.

Baca Juga: Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Membuat Kampas Kopling Cepat Habis

2. Tidak usah menekan gas, jangan lupa juga matikan AC

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Bensin Gak Terbuang Percumapixabay.com/Sauerlaender

Mobil keluaran saat ini juga sudah menggunakan teknologi injeksi, jadi mesin mobil akan tetap menyala stabil dan tidak akan mati. Untuk itu, kamu sudah tidak perlu lagi menginjak pedal gas ya.

Jangan lupa untuk matikan AC mobil. Sebab, menyalakan AC dapat memberatkan kinerja mesin mobil karena suhu mobil belum mencapai titik normalnya. 

3. Perhatikan posisi transmisi mobil

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Bensin Gak Terbuang Percumatruedealercost.com

Jangan lupa perhatikan transmisi saat memanaskan mesin mobil. Bagi mobil manual, pastikan tuas transmisi berada di posisi Netral (N). Sedangkan untuk mobil matic, tuas transmisi harus berada di posisi parking (P). Ini bertujuan untuk mencegah mobil melaju saat dipanaskan.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan rem tangan untuk mencegah mobil meluncur karena sebab tertentu, misalnya karena kontur jalan yang tidak rata. Jadi, mulai sekarang panaskan mesin mobil dengan benar, agar kondisi mobil tetap awet dan berumur panjang.

Baca Juga: Mobil Harian Bermesin Balap, Banderolnya Rp50 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya