Comscore Tracker

Tips Aman Menyalip Truk dan Bus, waspadai 4 Hal Ini

Menyalip kendaraan besar butuh konsentrasi tinggi

Jakarta, IDN Times - Saat berkendara di jalan raya, tentu kita tidak boleh sembarangan apalagi gegabah dalam menyetir. Ada sejumlah aturan tidak tertulis yang harus kita ketahui, salah satunya adalah menyalip kendaraan lain dengan benar.

Mendahului dan menyalip kendaraan lain adalah teknik yang harus dipahami oleh semua pengemudi. Apalagi jika ingin menyalip kendaraan besar seperti truk atau bus. Kamu harus ekstra waspada karena ukurannya yang besar sehingga memiliki blind spot yang besar juga.

Berikut adalah 4 cara aman menyalip kendaraan besar.

1. Pastikan dulu apakah penting untuk menyalip atau tidak

Tips Aman Menyalip Truk dan Bus, waspadai 4 Hal IniIstimewa

Sebelum mulai menyalip kendaraan besar, pastika jika langkah yang akan kamu ambil itu perlu. Kalau tidak perlu, maka lebih baik untuk tidak mendahului dan berkendara di belakang kendaraan tersebut. Ini bertujuan agar kamu tidak ragu-ragu saat berusaha mendahului kendaraan besar yang ada di depan.

Baca Juga: Teknik Menyalip Slipstream, Jangan Lakukan di Jalan Raya 

2. Jangan sampai melanggar marka jalan atau aturan lainnya

Tips Aman Menyalip Truk dan Bus, waspadai 4 Hal IniPetugas tengah melakukan pekerjaan rutin, berupa pengecatan marka jalan dan median jalan Jalur Pantura Losari, Kabupaten Brebes hingga perbatasan Kabupaten Pemalang. IDN Times/Haikal Adithya

Sebelum mulai mendahului kendaraan lain, jangan sampai kita melangar marka jalan atau aturan lainnya. Pastikan bahwa tidak ada rambu larangan untuk mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis lurus yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

3. Pastikan tidak ada kendaraan lain yang ingin mendahului

Tips Aman Menyalip Truk dan Bus, waspadai 4 Hal Inithecarexpert.co.uk

Selanjutnya, pastikan situasi aman saat ingin menyalip. Lihatlah ke sekeliling, apakah ada kendaraan lain yang ingin mendahului atau tidak. Pastikan juga pengendara lain mengerti niat kita yang ingin mendahului. Perhatikan pula jarak kendaraan di arah berlawanan. Jika masih cukup jauh, kita bisa mendahului kendaraan yang berada di depan kita. Karena ukuran bus atau truk yang memakan ruang, pastikan tersedia ruang yang bisa kita lalui.

4. Terakhir, pastikan kita mampu untuk menyalip

Tips Aman Menyalip Truk dan Bus, waspadai 4 Hal IniIlustrasi. autoexpress.co.uk

Menyalip kendaraan besar butuh konsentrasi yang tinggi karena tidak semudah menyalip mobil biasa. Jadi, pastikan kendaraan kita mampu untuk mendahului. Bagi pengguna mobil manual, kamu bisa menggunakan gigi dengan traksi terbesar. Sedangkan bagi pengguna mobil matic, kamu harus bersiap melakukan kick down.

Selalu utamakan keselamatan, ya!

Baca Juga: Biar Cepat Asal Selamat, Ini 5 Tips Aman Menyalip 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya