Comscore Tracker

Transformasi Honda Accord dari Masa ke Masa

Honda terus merombak desain dari mobil ini 

Jakarta, IDN Times - Honda Accord sudah mengaspal di tanah air lebih dari 40 tahun. Mobil ini dinilai sukses di pasaran sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1976. Proses tranformasinya lumayan panjang.

Sejumlah pembaruan dan peningkatan spesifikasi dilakukan pada setiap generasi, mulai dari coupe, station wagon, hatchback, hingga sedan. Berikut ini perubahan Honda Accord dari masa ke masa.

1. Generasi pertama hadir dengan model hatchback

Transformasi Honda Accord dari Masa ke MasaHonda Accord Hatchback 1976 (auto-data.net)

Meluncur pada tahun 1976, Honda Accord hadir dengan model hatchback tiga pintu karena versi sedan empat pintu baru diperkenalkan pada tahun 1979. Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.6 liter yang mampu menghasilkan tenaga 68 Hp yang disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan. Honda berhasil menjual Honda Accord dengan total 195.524 unit.

Baca Juga: Sedan-sedan Rasa Eropa, Harga Bekasnya Rp50 Jutaan 

2. Honda kemudian melakukan pembaruan pada ukuran mobil ini

Transformasi Honda Accord dari Masa ke MasaHonda Accord Generasi Tiga 1985 (wikipedia)

Pada keluaran tahun 1985 atau generasi ketiga, Honda Accord mendapat pembaruan berupa bodi yang lebih ramping. Fitur-fiturnya juga ikut ditingkatkan, misalnya suspensi double-wishbone pada kedua as rodanya. Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 98 Hp. Tersedia pula varian sport dengan lampu pop out yang mampu menyemburkan tenaga hingga 110 Hp.

3. Pada generasi keempat mendapat sentuhan baru jadi mobil sedan seutuhnya

Transformasi Honda Accord dari Masa ke MasaHonda Accord 1993 (deugetweak.blogspot.com)

Honda kembali melakukan pembaruan bodi pada Accord menjadi sedan berukuran medium. Kali ini, Honda sepertinya sudah meninggalkan bodi hatchback. Honda Accord generasi keempat ini hadir dengan mesin 2.2 liter bertenaga 130 Hp. Selain itu, terdapat penambahan fitur berupa mode pengendaraan sport untuk transmisi 4-percepatan, sehingga pengemudi bisa memilih mode perpindahan manual.

4. Honda Accord mulai dibekali mesin yang lebih bertenaga

Transformasi Honda Accord dari Masa ke MasaHonda Accord 2002 (wikipedia)

Memasuki tahun 2000-an, Honda membekali Accord dengan mesin yang lebih powerful. Bahkan tipe terendahnya punya performa yang terbilang cukup baik, yakni mampu mencapai 160 Hp. Pabrikan juga memberi opsi mesin V6 VTEC 3.0 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga 240 Hp. Konsumen juga dapat memesan Honda Accord versi coupe dengan transmisi manual.

Setelah generasi ketujuh ini, Honda terus melakukan pengembangan dalam hal fitur dan teknologi. Secara desainnya tidak terlalu berubah 180 derajat, melainkan hanya menambahkan sentuhan yang lebih sedap dipandang oleh mata.

Baca Juga: Mobil Wagon Bekas di Bawah Rp100 Juta, Seluas MPV Senyaman Sedan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya