Comscore Tracker

Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Gampang Kok!

Relay juga bisa bikin klakson awet

Jakarta, IDN Times - Klakson merupakan komponen penting pada kendaraan. Umumnya, klakson difungsikan untuk meminta jalan, pertanda bahaya, dan bertegur sapa. So, apa jadinya jika klakson bermasalah, seperti volume mengecil dan gak mengeluarkan suara?Ini pasti merepotkan, ya.

Namun, tenang saja, kamu dapat mengatasinya dengan relay klakson. Gak harus ke bengkel, karena kamu dapat memasang relay klakson sendiri di rumah. Yuk, cari tahu cara pasang relay klakson yang praktis dan mudah berikut ini. 

Apa itu relay klakson?

Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Gampang Kok!ilustrasi klakson mobil (Pixabay.com/webandi)

Sebelum membahas cara pasangnya, kamu harus tahu dulu apa itu relay klakson. Secara umum, relay klakson merupakan saklar penghubung sekaligus pemutus arus listrik yang besar. Ini bisa membuat arus listrik yang ditarik dari aki pun cenderung kecil. 

Relay dengan spesifikasi 12 volt dan 30-40 ampere menjadi rekomendasi terbaik. Lebih lanjut, komponen ini berfungsi agar horn pad atau switch klakson lebih awet saat dilewati arus listrik guna menggerakkan kontak relay.

Cara kerja relay klakson

Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Gampang Kok!ilustrasi mesin mobil (instagram.com)

Relay klakson bekerja dengan mengalirkan serta mengontrol arus listrik. Untuk itu, proses pemasangannya harus tepat. Arus listrik akan akan mengalir melintasi kaki relay 86 dan 86, kemudian menuju kumparan. 

Selanjutnya, arus listrik kemagnetan itu akan mengalir dari kaki relay 30 pada relay 87. Proses ini akan terjadi secara berulang. Sehingga arus listrik akan mengalir lancar.

Cara pasang relay klakson

Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Gampang Kok!ilustrasi relay (autoweik.com)

Untuk cara pasang relay klakson terbilang mudah bagi orang yang mengerti kelistrikan. Namun, buat yang belum pernah mencoba, gak ada salahnya untuk memasang relay klakson sendiri di rumah. Nah, pertama-tama, siapkan sejumlah peralatan berikut:

  1. Socket relay, bisa menggunakan merek apa pun
  2. Terminal konektor relay, sesuaikan dengan beban arus mobil
  3. Fuse box atau kotak sekring
  4. Kabel berdiametr 55 milimeter
  5. Ring terminal berukuran 10 milimeter
  6. Kabel serabut tebal berdiamter 5 milimeter

Setelah seluruh alat siap, kamu pun harus tahu bahwa, sistem kelistrikan menggunakan tegangan positif dan negatif. Pada sistem positif, menggunakan dua kabel yang diarahkan ke saklar dan bodi mobil. Kabel negatif pun dilengkapi dua buah kabel.

Cara memasang relay klakson pada sistem positif:

  1. Mulanya, pasang kaki relay nomor 30 pada terminal positif aki mobil. Gunakan kabel tebal karena akan disambungkan langsung pada aki.
  2. Selanjutnya, letakkan kaki relay nomor 87 pada terminal positif klakson. Usahakan memilih kabel berukuran sedang hingga tebal.
  3. Pasang kaki relay nomor 85 pada salah satu klakson.
  4. Terakhir, pasang kaki relay nomor 86 ke ground atau bodi mobil.

Cara memasang relay klakson pada sistem negatif:

  1. Pertama, perhatikan kaki relay nomor 30. Kemudian pasang kaki relay pada terminal positif aki mobil. Kabel yang digunakan wajib tebal karena disambungkan dari aki.
  2. Kemudian, kaki relay nomor 87 dipasang ke terminal positif klakson. Dapat menggunakan kabel sedang atau tebal.
  3. Terakhir, pasang kaki relay nomor 85 pada salah satu kable klakson 'A'. Kemudian, padang kaki 86 ke klakson 'B;. FYI, pemasangan kaki 85 dan 86 ini bebas, tanpa perlu

Nah, itulah informasi seputar cara pasang relay klakson yang harus kamu tahu. Jika merasa kesulitan melakukannya, kamu dapat membawanya ke bengkel, kok. Butuh info otomotif lengkap lain, temukan ulasannya di IDN Times.

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya