Comscore Tracker

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu Tahu

Tidak sekadar bikin mengilap~

Merawat kendaraan dengan wax mobil dapat membuatnya tampak berkilau. Wax mobil sendiri merupakan lapisan sintetis berbahan carnauba wax, petroleum distillates, natural oil, dan beeswax yang dipakai untuk melindungi cat supaya tidak mudah kusam.

Wax mobil sering diaplikasikan pada kendaraan baru yang sudah melewati tahap polish. Lebih jauh, wax mobil mempunyai banyak fungsi yang menarik untuk diketahui. Simak fungsi wax mobil dalam ulasan berikut ini.

1. Melindungi mobil berkarat

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu Tahumattcastruccihonda.com

Cat yang rusak sering menimbulkan karat pada kendaraan. Hal ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan wax untuk pelapis clear coat mobil. Selain anti karat, mobilmu juga akan tampak bercahaya.

2. Melindungi cat mobil

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuIDN Times/Hasudungan

Penggunaan wax mobil mampu memberikan perlindungan berupa lapisan bening di atas cat yang rentan terkelupas akibat berbagai kotoran. Misalnya saja, karena garam, korosi, air hujan, dan perubahan cuaca ekstrem.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

3. Perlindungan sinar UV

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu Tahuilustrasi mobil (Pexels.com/albertnunez)

Faktanya, sinar matahari dapat membuat cat mobil memudar. Layaknya melapisi bodi kendaraan dengan sunscreen, kamu bisa memberikan wax yang dapat menjaga lapisan mobil agar bebas pudar dan tampak baru.

4. Memangkas biaya perbaikan

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuMobil rusak (Unsplash.com/Prateek Katyal)

Aktivitas meminimalisir goresan pada mobil dapat dilakukan dengan menggunakan wax yang dipercaya dan anti baret. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan bodi mobil bermasalah. Secara tidak langsung, anggaran perbaikannya pun minim terpakai.

5. Cat tidak mudah luntur

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuMobil jadul (Unsplash.com/Josh Rinard)

Meski terbuat dari bahan berkualitas, cat pada mobil bisa saja luntur karena faktor cuaca. Namun, akan beda ceritanya jika kamu melipisi mobil dengan wax. Layaknya kaca pelindung, lapisan ini akan menjaga warna kendaraan sehingga lebih tahan lama.

6. Menghilangkan goresan

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuBodi samping Peugeot 3008 (youtube.com/Motomobi)

Jangan biarkan goresan pada mobil terlalu lama. Selain memperburuk tampilan, hal ini juga memicu karat pada kendaraan. Berikan treatment wax yang biasa diawali dengan pengaplikasian polish supaya goresannya hilang.

Baca Juga: Berburu Mobil Lebih Aman Pakai Layanan Inspeksi Mobil Bekas

7. Mobil tampak seperti baru

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuIlustrasi mengecek bodi mobil (unsplash.com/Nima Sarram)

Setiap orang pasti menginginkan kendaraannya tampak baru setiap saat. Jangan hanya dicuci, aplikasikan juga wax mobil untuk mendapatkan tampilan mobil yang mulus. Selain terlihat bersih, bodi mobil juga akan awet dalam waktu lama.

8. Praktis untuk melindungi mobil

8 Fungsi Wax Mobil yang Perlu Kamu TahuMobil berkarat (Pixabay.com/Free-Photos)

Buatlah mobilmu tahan gores, anti luntur, dan tampak baru dengan menggunakan wax yang mudah diaplikasikan. Sebaiknya, aplikasi wax ini dilakukan tiga sampai empat kali dalam setahun agar mobilmu terlindungi lebih lama.

Demikian delapanfungsi waxmobilyang bisa membuat tampilan kendaraanmu selalueye cathcing. Masih banyak informasi menarik seputar mobil lainnya di IDN Times, jangan lupa dicek, ya!

Baca Juga: Biar Mobil Tua Gak Rewel, 7 Perawatan Ini Wajib Dilakukan

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya