Comscore Tracker

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!

Ada yang bahan bakarnya boros minta ampun!

Ada begitu banyak pabrikan mobil yang memproduksi berbagai jenis dan merek mobil di seluruh penjuru dunia. Setiap pabrikan memiliki signature mereka sendiri-sendiri. Ada yang tahan lama, kuat, irit bahan bakar dan ada yang menonjolkan desain.

Tapi, dari begitu banyak mobil-mobil yang beredar di pasaran, ada satu mobil pencetak maupun pemecah rekor dari masing-masing kategori. Apa saja mobil-mobil pasaran pencetak rekor tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Paling kencang: Hennessey Venom

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!venomgt

Guinness World Record dengan jelas mencatat bahwa mobil Hennessey Venom GT mampu mencapai kecepatan maksimal 434 km/jam. Namun, ada satu saudara mudanya yang mampu berlari lebih kencang.

Ia adalah Hennessey Venom F5 yang diklaim mampu berakselerasi hingga 484 km/jam. Hanya saja, pabrikan mobil asal Texas, AS tersebut belum mendaftarkan klaim tersebut untuk diuji secara resmi oleh Guiness.

2. Paling pelan: Peugeot Expert Tepee L2 HDi 98

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!carbuyer.co.uk

Mobil asal Prancis ini dikenal sebagai mobil paling pelan sedunia. Betapa tidak? Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, Peugeot Expert Tepee ini membutuhkan waktu sekitar 20 detik. Mobil ini bahkan memiliki kecepatan maksimal hanya 150 km/jam setara dengan motor matik yang beredar di Indonesia.

3. Paling mahal: Ferrari 250 GTO

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!theceomagazine.com

Mobil baru paling mahal sedunia di jalanan saat ini adalah Rolls Royce Sweptail yang dipatok harga sekitar 13 juta Dollar atau setara dengan 195 miliaran Rupiah.

Tapi, ada satu mobil yang harganya setara degan empat Rolls Royce Sweptail. Mobil itu adalah mobil klasik Ferrari 250 GTO. Harganya 48,4 juta Dollar atau senilai dengan 725 miliar Rupiah. Busyet!

4. Paling kecil: Peel P50

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!motoringresearch.com

Peel P50 ini diketahui memiliki dimensi panjang 1,3 meter dan lebar 1 meter. Guiness World Record mencatatnya sebagai mobil paling kecil sedunia pada tahun 2010. Belakangan, Peel P50 kembali diproduksi. Harganya, 90 ribu Poundsterling atau setara dengan 1,7 miliaran Rupiah! Untuk mobil sekecil itu?

5. Paling murah: Dacia Sandero

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!wikipedia.org

Tidak banyak perdebatan tentang mobil yang satu ini. Dacia Sandero kondisi baru dibanderol dengan harga sebesar 7000 Poundsterling atau setara dengan 135 juta Rupiah, kontan. Walau murah meriah, mobil joint karya pabrikan Renault dan pabrikan Rumania ini telah lulus ujian tabrakan.

Baca Juga: Wuling Rilis Mobil Baru, Harganya Rp 130 Jutaan!  

6. Paling laris: Toyota Corolla dan Volkswagen Beetle

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!caradvice.com.au

Toyota Corolla didapuk sebagai mobil dengan penjualan terbanyak di dunia yang mencapai 40 juta unit sejak tahun 1966 hingga sekarang. Tetapi, model Toyota Corolla terus berubah seiring tahun.

Di sisi lain, VW Beetle yang pertama kali diproduksi pada tahun 1938, tidak banyak mengalami perubahan. Mobil kodok itu tetap sama, begitu-begtu saja. Yang menarik, mobil ini terjual hingga 21 juta unit hingga Volkswagen menyatakan tak lagi memproduksi Beetle pada tahun 2019 mendatang.

7. Paling hemat: Peugeot 208 1,6 Blue HDi

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!buyacar.co.uk

Dalam sebuah tes di bawah pengawasan French Type Approval Authority, Peugeot 208 1,6 Blue HDi menempuh jarak 1.337 mil (2.151 km) yang terkover hanya dengan 9,45 galon solar (35,7 liter), dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 141,2 mpg (2 liter/100 km).

Benar-benar bisa menghemat pengeluaran nih, kalau mudik!

8. Paling panjang: Mercedes-Maybach Pullman S600

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!thedrive.com

Diresmikan di Pameran Motor Jenewa 2015, S600 Pullman merupakan limusin mewah terpanjang di dunia yang dijual di pasaran hari ini. Dimensi panjangnya membentang sejauh 6,5 meter dari ujung bumper depan hingga ke ujung bumper belakang. Hal itu membuatnya lebih panjang 1 meter dari Mercedes-Maybach S-Class lainnya!

9. Paling ringan: Ariel Atom

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!motoblog.it

Guiness World Record mencatat, Louis Borsi dari London, Inggris diketahui telah membangun dan mengendarai mobil seberat 9.5 kg dengan mesin 2.5cc. Mobil itu mampu berlari sekencang 25 km/jam. Tapi, itu bukan mobil yang diproduksi untuk umum.

Mobil ringan yang paling banyak diproduksi secara massal adalah Smart for Two. Mobil ini memiliki berat sekitar 825 kg. Namun, ada satu mobil lagi yang paling ringan dan diproduksi secara massal tapi tidak sembarang negara membolehkannya berkeliaran.

Mobil itu adalah Ariel Atom yang memiliki berat 550 kg. Walau desainnya seperti mobil balap, di beberapa negara mobil Ariel Atom boleh berkeliaran layaknya mobil penumpang pada umumnya.

10. Paling boros: Mercedes-Benz G550

Wuih, Ini 10 Mobil Produksi Massal yang Jadi Pemecah Rekor Dunia!kengarffmercedes.com

Mercedes-Benz telah memproduksi G550 selama 40 tahun terakhir. Mobil itu telah menyematkan mesin Peppier sehingga lebih irit bahan bakar. Tetapi, meskipun mendapat tambahan pengirit mesin, G550 tetap menjadi mobil yang paling boros bahan bakar di pasaran.

Dalam sebuah tes di jalanan, Mercedes-Benz G550 diketahui mendapat skor rata-rata 13,4 mpg atau setara dengan 21 liter bahan bakar per 100 km! Busyet! Coba bandingkan dengan konsumsi bahan bakar Peugeot 208 yang rata-rata 141,2 mpg atau hanya 2 liter per 100 km.

Itulah 10 mobil pasaran pemecah rekor dunia. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, rekor-rekor yang telah bertahan beberapa tahun itu, pasti akan pecah suatu saat nanti.

Baca Juga: Ini 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Rangga Putra Photo Community Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You