Comscore Tracker

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara Berkala

Ban mobil kamu juga harus jadi perhatian penting

Mempunyai kendaraan tak hanya mesinnya yang harus dirawat dan diperhatikan. Ban mobil juga harus menjadi prioritas utama karena jika ban bocor atau tekanan angin bannya kurang baik, maka mobil kamu tidak akan berjalan dengan sempurna. Otomatis aktivitas kamu pun terganggu.

Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan yang baik harus memperhatikan dengan jeli keadaan ban mobil kamu. Rawat dan cek selalu kondisinya, untuk lebih lengkapnya baca penjelasan berikut ini ya agar mobilmu tetap nyaman dan aman dikendarai.

1. Jangan lupa sebelum berkendara, periksa tekanan angin ban mobil

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara BerkalaPexels.com/DerwinEdwards

Memeriksa tekanan angin ban mobil adalah tindakan yang sangat penting. Apalagi jika mobilmu dikendarai untuk jarak jauh. Tekanan angin ban ini harus stabil sesuai ukuran standar angin bawaan pabrikannya. Bisa kamu cek tabel ukuran standar tekanan angin di bagian bawah kemudi kamu, ya. Jangan lupa lakukan selalu!

2. Selalu rotasi ban mobil secara berkala

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara BerkalaPexels.com/KevinBidwell

Nah, ini yang jauh lebih penting agar ban mobil kamu tetap awet. Iya benar, rotasi ban mobil kamu secara berkala. Ban mobil depan hendaknya dirotasi ke roda belakang karena beban ban bagian depan lebih berat daripada ban belakang. Idealnya, rotasi ban ini dilakukan pada 5000km sekali, dijamin ban akan awet.

Baca Juga: Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

3. Pastikan pentil ban tertutup dengan sempurna

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara BerkalaPexels.com/Pixabay

Benda kecil ini jangan kamu remehkan ya. Pentil sangat penting terpasang pada ban mobil kamu untuk menjaga agar tekanan angin tidak berkurang. Selalu pastikan tutup pentil terpasang rapat di ban kamu. Bisa kamu cek saat memeriksa tekanan angin ban sekalian lho.

4. Perhatikan beban muatan mobil, jangan terlalu berlebihan

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara BerkalaPexels.com/IvandreyPretorius

Hal ini sering diabaikan. Muatan mobil juga harus kamu perhatikan agar ban mobil terawat dengan baik. Sesuaikan muatan mobil kamu dengan standar pabrikan awal, jangan berlebihan. Ingat, beban ban mobil kamu akan berisiko jika muatan terlalu berat.

5. Gunakan ban ukuran standar, sesuai bawaan pabrikan

5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara BerkalaPexels.com/Pixabay

Pakailah ban standar sesuai pabrikan. Jangan menggunakan ring yang terlalu besar atau terlalu kecil, gunakan sesuai standarnya. Dijamin mobil kamu akan tahan lama bannya jika kamu mematuhi hal ini. No modifikasi deh, ya!

Nah, ban mobil juga tak kalah pentingnya dirawat, bukan? Bahkan hal ini harus menjadi perhatian serius. Selain memperhatikan perawatan di atas, kamu juga harus secara berkala spooring serta balancing agar ban mobil berjalan sempurna.

Jadi, jangan cuma pakai mobilnya saja ya, kamu pun harus teliti merawatnya karena mobilmu adalah "kaki" yang membawa ke mana pun melangkah.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudah

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You