Comscore Tracker

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun Bebas

Jadi solusi di kala BU

Terbentur kondisi ekonomi ketika ada sesuatu yang sifatnya darurat memang bukan hal yang mengenakkan. Kalau sudah BU alias Butuh Uang gini, otak dipaksa mencari solusi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Ujung-ujungnya, aset yang kita miliki jadi opsi terakhir untuk dilepas.

Mobil jadi salah satu aset yang paling mudah dijual. Tapi, ternyata gak segampang itu. Karena persoalannya gak hanya biar cepat laku, kalau bisa, juga dapat cuan atau setidaknya gak rugi-rugi banget. Menjual mobil itu memang tak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Langsung aja yuk pelajari jurus-jurus rahasianya di sini!

1. Survei harga di pasaran

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun BebasIlustrasi mensurvei harga mobil. (ShutterStock/Maridav)

Salah satu cara menarik calon pembeli adalah dari segi harga. Namun, memasang harga yang kelewat tinggi hanya akan membuat calon pembeli beralih ke mobil lain. Sementara memasang harga yang terlalu murah akan membuat calon pembeli curiga.

Maka dari itu, kamu harus mensurvei terlebih dahulu banderol pasaran dari mobil yang akan dijual. Zaman sekarang, gak perlu ribet kunjungi dealer mobil satu-satu, riset kecil-kecilan ini bisa kamu lakukan di marketplace online saja kok.

Baca Juga: Trik Menawar Mobil Bekas, Biar Pedagang Gak Sok Jual Mahal

2. Dokumen harus lengkap dan masih berlaku

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun BebasIlustrasi STNK (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Harga mobil akan lebih mahal jika memiliki kelengkapan dokumen seperti Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), buku servis dan surat-surat lainnya.

Semua dokumen dan surat-surat ini perlu dijaga dan dirawat dengan baik, agar menjadi bukti kepemilikan kendaraan. Calon pembeli itu biasanya menghindari membeli mobil dengan dokumen yang tidak lengkap, supaya terhindar dari masalah dengan pihak berwajib saat digunakan di jalan.

3. Manfaatkan marketplace

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun BebasOLX Autos. (ShutterStock/AndriWahyudi)

Kamu pun bisa memanfaatkan marketplace yang menyediakan layanan jual-beli mobil bekas online/offline secara cepat dan aman seperti yang disediakan OLX Autos. Sebagai ekosistem terbesar di bisnis jual-beli mobil bekas, OLX Autos menawarkan berbagai fitur yang bikin pengalaman menjual mobil jadi lebih instan dan nyaman! 

Kamu hanya cukup memasukkan data mobil di situs OLX Autos untuk mendapatkan perkiraan harga jual. Nah, supaya dapat taksiran harga terbaik, kamu pun bisa menjadwalkan inspeksi petugas profesional untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada mobilmu. 

Setelah inspeksi selesai, kamu akan mendapatkan penawaran akhir. Jika setuju dengan harga tersebut, OLX Autos bakal langsung mengirim uang ke rekening kamu. Secepat dan segampang itu bukan?

Ini bisa jadi momen yang tepat buat jual mobilmu di OLX Autos. Karena bertepatan dengan 2nd Anniversary OLX Autos yang dirayakan setiap 7 Juli, jual-beli mobil di platform tersebut bakal berkesempatan memenangkan 1 unit mobil MINI Cooper 1.5 Turbo 2018 lho! 

Gak hanya itu, ada hadiah lain seperti motor Nmax, Logam Mulia, Qled TV, Smartphone, hingga Voucher yang bernilai total hingga ratusan juta rupiah. Periode promo ini akan berlangsung dari 22 Juni - 31 Juli 2022.

OLX Autos juga kembali menyelenggarakan OLX Autos Spot di beberapa mall terpilih seperti:

  • Trans Studio Mall Bandung, 22 - 26 Juni 2022
  • Summarecon Mall Serpong Tangerang, 29 Juni -  3 Juli 2022
  • Kota Kasablanka Mall Jakarta, 6 - 10 Juli 2022
  • Tunjungan Plaza Surabaya, 20-24 Juli 2022 

Selama acara OLX Autos Spot berlangsung, kamu juga berkesempatan mendapatkan promo hingga Rp10 Juta! Catat tanggal dan lokasinya ya, jangan sampai kelewatan guys!

4. Harus rajin merawat kondisi mobil

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun BebasIlustrasi service mobil. (ShutterStock/TZIDOSUN)

Agar kualitas mobil tetap terjaga, pastikan selalu merawat mobilmu secara berkala di bengkel yang kredibel, sehingga harga jual mobil pun dapat terjaga dan tidak turun terlalu jauh.

Melakukan perawatan dan servis di bengkel resmi pabrikan mobil lebih direkomendasikan, karena mekanik dan teknisi lebih paham akan kondisi mobil sehingga tak akan menyeleweng dari standar pabrikan mobil.

Penggunaan spare part atau suku cadang yang bajakan juga akan merusak harga jual mobil ketika dijual kembali. Calon pembeli bakal meragukan kualitasnya jika banyak menggunakan suku cadang yang tak jelas kualitasnya. Penggunaan suku cadang bajakan ini, dikhawatirkan gak sesuai dengan standar pabrikan mobil sehingga justru malah merusak kualitas. 

5. Bikin mobil terlihat kinclong

5 Cara Cepat Jual Mobil Namun Harga Tak Terjun BebasIlustrasi mencuci mobil. (ShutterStock/CC7)

Supaya calon pembeli bisa terpikat pada pandangan pertama, menjaga penampilan mobil menjadi faktor penting. Karena itu pastikanlah mobilmu bersih, baik eksterior dan interiornya. Kalau perlu bawa mobil ke tempat poles biar terlihat kinclong. 

Untuk bagian interior, pastikan juga kondisinya bersih dan terawat. Perhatikan bagian-bagian tertentu, seperti dashboard, jok, AC, agar kondisinya tetap terjaga karena kerusakan pada bagian interior dan eksterior ini dapat menurunkan harga jual mobil.

Nah, itu dia jurus-jurus rahasia menjual mobil bekas biar cepat laku sembari menjaga harga jual agar tak turun terlalu jauh. Walaupun bekas, tapi mobil yang dirawat dengan apik tentu bisa memberikan poin plus dari calon pembeli yang tertarik untuk membeli mobil bekas. Semoga berhasil ya! (WEB)

Baca Juga: Intip Kisah Mobil Pertama Roy dan Gading Marten Bersama OLX Autos

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya