Comscore Tracker

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil Manual

Jaga mobilmu baik-baik ya!

Memiliki mobil menjadi kebanggaan sendiri bagi setiap orang apalagi kita yang merupakan millennial, memiliki mobil merupakan sebuah prestasi tersendiri. Mobil dengan transmisi manual masih menjadi pilihan untuk dimiliki karena dianggap lebih mudah perawatannya dan lebih hemat bahan bakar.

Namun, tetap saja jika dalam penggunaan sehari-hari kita tidak terbiasa menggunakan mobil dengan benar maka mobil tersebut bisa cepat rusak. Jika kamu punya mobil manual, yuk hindari melakukan 5 hal ini agar mobilmu lebih awet!

1. Mengistirahatkan tangan pada tuas persneling

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil ManualCarfromjapan.com

Terkadang karena untuk alasan lebih mudah dan lebih cepat saat akan memindahkan gigi persneling maka kita terus-menerus memegang tuas persneling meski tidak sedang akan mengoper gigi.

Hal ini justru tidak baik jika dilakukan terus menerus lho! Karena secara tidak sadar berat tanganmu akan membebani tuas persneling dan akan merusak gearbox transmisi mobilmu.

Sebaiknya kamu membiasakan untuk memegang tuas persneling hanya saat akan memindah gigi saja dan jika tanganmu lelah kamu bisa mengistirahatkannya di atas arm rest yang ada di mobilmu ya!

2. Sering menaruh kaki di pedal kopling

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil ManualAutoexpress.co.uk

Agar kamu lebih lugas saat akan memindahkan gigi di mobil transmisi manual maka kaki kirimu selalu standby di atas pedal kopling. Hal ini juga tidak baik lho karena secara nggak sadar berat kakimu juga akan nggak sengaja menekan pedal meskipun cuma sedikit.

Hal ini bisa membuat kopling jadi cepat aus karena pedal kopling terinjak saat mobil berjalan dan bisa membuat mobil boros karena tenaga dari pedal gas yang dikeluarkan bisa lebih tinggi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Kalau Gak Mau Mobil Matic-mu Cepat Rusak!

3. Sering memanfaatkan kopling untuk berhenti di tanjakan

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil ManualGroovecar.com

Jika mobil berada di tanjakan kadang kamu terlalu malas untuk menarik tuas rem tangan sehingga kamu lebih memilih menekan sedikit kopling dengan gas agar mobil berhenti. Hal ini justru kurang baik untuk mesin mobilmu lho karena jika tekanan gas dengan kopling tidak seimbang maka mesin mobil mati dan mundur atau bisa juga mobil justru tiba-tiba melonjak ke depan karena gas yang terlalu tinggi.

Lebih baik dan aman kamu sebaiknya menggunakan rem tangan agar lebih efisien dan kakimu tidak lelah menekan banyak pedal di mobil.

4. Tidak menetralkan gigi di lampu merah

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil ManualCommons.wikimedia.org

Mungkin karena kamu lagi malas saat di lampu merah kamu jadi hanya menekan pedal rem dan kopling untuk memberhentikan mobilmu. Hal ini justru akan membuat otot kakimu pegal dan jika kamu lupa merasakan pedalnya maka mobilmu bisa mati karena melepas pedal kopling dengan tiba-tiba.

Baiknya kamu netralkan gigi persneling dan kamu cukup menginjak pedal rem atau menarik tuas rem tangan jika lampu merahnya masih lama.

5. Tidak menambah gigi hingga mesin meraung

Catat! 5 Hal Ini Haram Dilakukan pada Mobil ManualPexels.com

Kebiasaan buruk yang dapat merusak mobil manual adalah memaksakan menginjak dalam pedal gas saat gigi rendah. Hal ini akan menyebabkan mobil meraung jika kamu tidak segera memindahkan gigi yang lebih tinggi dan justru hanya akan membuat mesin dan transmisi lama kelamaan akan rusak dan boros bensin juga lho.

Nah, udah tahu kan hal-hal yang gak boleh dilakuin di mobil manual? Yuk jaga baik-baik mobilmu!

Baca Juga: Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir Mobil

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You