Comscore Tracker

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali Dingin

AC dingin bikin nyaman berkendara

AC adalah bagian penting yang ada di dalam mobil untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Namun ada kalanya AC di mobil terasa kurang dingin. Jangan buru-buru membawa ke bengkel AC mobil, barangkali AC kamu bisa dingin kembali dengan melakukan lima hal ini, ya!

1. Bersihkan kabin mobil

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali DinginPxhere.com/Public Domain

Kondisi kabin mobil yang kotor ternyata juga bisa memengaruhi dinginnya AC lho. Debu dan kotoran yang menumpuk terutama di bagian depan kabin dapat menutupi filter dan evaporator pada AC sehingga menjadi kurang dingin. Ada baiknya untuk menjaga kebersihan kabin mobil dari debu dan kotoran secara berkala agar filter dan evaporator AC tetap bersih.

2. Selalu menutup jendela mobil saat menggunakan AC

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali DinginPexels.com/llamasking

Kebiasaan membuka kaca jendela saat AC mobil hidup lama-kelamaan dapat membuat AC kurang dingin. Hal ini dikarenakan udara dari luar yang membawa debu dan kotoran bisa masuk ke dalam kabin dan lagi-lagi mengotori filter dan evaporator AC. Sehingga sebaiknya selalu tutup kaca jendela mobil saat AC digunakan.

Baca Juga: Tips Menggunakan AC Mobil agar Tidak  Boros Bahan Bakar

3. Hindari merokok di dalam kabin mobil

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali DinginFlickr.com/joka2000

Merokok saat berada di dalam kabin mobil dengan AC yang hidup juga akan menimbulkan menurunnya kualitas udara yang dihembuskan AC. Asap rokok yang mengandung abu akan terserap dan mengendap di evaporator. Selain AC menjadi kurang dingin, kebiasaan merokok dengan AC tetap hidup di dalam mobil juga menimbulkan AC menjadi bau. Lebih baik matikan AC dan buka jendela agar asap rokok bisa keluar.

4. Jangan memasang parfum mobil di kisi-kisi AC

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali DinginFlickr.com/McKay Savage

Kebiasaan memasang parfum mobil di kisi-kisi AC ternyata gak baik untuk kesehatan AC mobil lho. Meskipun niatnya bagus agar aroma parfum lebih menyebar ke kabin, namun zat kimia yang terkandung di dalam parfum justru bisa masuk ke dalam sistem pendingin lho.

Zat kimia ini bisa menimbulkan kerak yang menutupi pipa jalannya udara AC sehingga membuat AC kurang dingin. Lebih baik letakan parfum mobil di atas dashboard atau menggunakan parfum mobil dengan model yang bisa digantung pada kaca tengah mobil agar AC tetap aman.

5. Ganti atau bersihkan filter AC

Tanpa Perlu Ke Bengkel, Ini 5 Cara Mudah Agar AC Mobil Kembali DinginFlickr.com/Ryan Gsell

Mobil keluaran terbaru, memliki filter AC di dalam kabin yang biasanya terletak di bawah laci dashboard. Filter ini berfungsi untuk menyaring udara agar udara dari AC yang keluar lebih sejuk dan dingin. Jika mobil sering digunakan maka lama-kelamaan filter kabin ini akan kotor sehingga membuat AC kurang dingin.

Bersihkan filter ini setidaknya 1 bulan sekali. Cara membersihkannya pun mudah, hanya dengan digoyang-goyangkan agar debunya rontok atau diberi udara bertekanan, bahkan kini juga ada filter yang bisa dicuci dengan air sabun. Filter kabin yang sudah lama juga perlu diganti paling tidak setiap 10.000 KM.

Itulah lima cara mudah agar AC di mobil selalu dingin tanpa perlu ke bengkel AC. Yuk, coba terapkan buat kamu yang AC mobilnya sudah kurang dingin.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kompresor AC Mobil Agar Tak Mudah Jebol

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You