Comscore Tracker

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir Mobil

Nyetir mobil makin lancar!

Menyetir mobil merupakan keahlian yang penting bagi setiap orang karena mobil merupakan alat transportasi yang nyaman dan sering digunakan sehari-hari. Ada masanya kamu belajar mobil, namun biasanya kamu akan merasa grogi atau panik saat awal-awal bisa menyetir mobil karena belum terbiasa.

Untuk mengurangi rasa grogimu saat baru bisa menyetir mobil, IDN Times telah merangkum 5 tips yang bisa kamu terapkan ini!

1. Atur posisi duduk yang nyaman

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir MobilFreestockphotos.biz

Kamu harus mengatur terlebih dahulu posisi dudukmu. Buatlah kursi tempatmu duduk senyaman mungkin dan sesuaikan dengan ukuran tubuhmu.

Pastikan kakimu dapat dengan mudah menginjak pedal mobil dan pastikan tinggi badanmu sudah sesuai untuk melihat bagian depan dan samping mobil. Atur juga posisi punggung agar otot kamu nggak tegang saat menyetir dan atur posisi setir mobilmu agar kamu lebih mudah bernavigasi.

2. Pahami fitur-fitur mobil yang kamu naiki

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir MobilZdnet.com

Sebelum memulai menyetir, baiknya kamu paham semua fitur yang ada di mobilmu. Pahami juga letak tombol atau tuas yang akan kamu gunakan di perjalanan nanti karena berbeda seri mobil bisa berbeda peletakan dan fungsinya.

Hal ini berguna jika di jalan nanti kamu akan menggunakan salah satu fitur mobil seperti lampu sein atau wiper sehingga mengurangi kepanikan jika kamu sudah tau dimana letak tombol atau tuasnya.

Baca Juga: 6 Teknik Menyetir Mobil yang Benar Saat Hujan Deras

3. Tekan tombol hazard saat kamu kebingungan

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir MobilYoutube.com/Nissan Owner Channel

Ada aja suatu hal di jalan yang nggak kamu duga bisa terjadi, misal kamu kurang menginjak gas sehingga mesin mobil mati atau kamu tiba-tiba grogi saat berpapasan dengan mobil yang lebih besar ukurannya. Sebaiknya kamu jangan panik, yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan tekan tombol hazard di mobilmu.

Lampu hazard akan menyala dan orang-orang disekitarmu akan tau jika kamu sedang kesulitan mengendarai mobilmu sehingga mereka akan memakluminya dan berhati-hati.

4. Pahami kedalaman gas, kopling dan rem mobil kamu

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir MobilCarfromjapan.com

Salah satu masalah pengemudi yang baru bisa menyetir adalah belum hafal kedalaman pedal-pedal yang ada di mobil sehingga terkadang mobilmu mati karena kamu melepas kopling saat gas belum terlalu dalam atau bahkan kamu mengerem mendadak karena belum hafal kedalaman pedal rem kamu.

Sebaiknya kamu pahami dulu kedalaman masing-masing pedal di mobil yang kamu naiki dan hafalkan agar kamu tidak kaget dan kebingungan saat mobilnya sudah jalan.

Kamu bisa gunakan sepatu yang nyaman untuk merasakan pedal atau bahkan tidak menggunakan alas kaki agar bisa lebih mudah merasakan pedalnya.

5. Kendarai mobil dengan pelan

Inilah 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Grogi Saat Baru Bisa Nyetir MobilBusinessmotoring.co.uk

Saat baru bisa menyetir mobil, sebaiknya kamu selalu mengendarai dengan pelan mobilmu karena hal ini akan mengurangi resiko bahaya yang mungkin terjadi padamu. Cukup injak pedal gas sedikit dan biarkan mobilmu mulai berjalan, gunakan maksimal gigi 3 agar mobilmu tidak berlari terlalu kencang dan kamu tidak repot memindah gigi jika mobilmu manual.

Dengan berkendara pelan kamu juga bisa lebih waspada dengan memperhatikan keadaan sekitar dengan kaca spion. Nggak perlu ngebut-ngebut dulu yang penting kamu bisa sampai di tempat tujuan dengan lancar dan aman.

Nah, itu tadi adalah 5 tips agar kamu nggak grogi saat menyetir mobil dan yang pasti kamu harus perbanyak lagi jam untuk menyetir agar rasa grogi yang datang lama-kelamaan hilang dan gak muncul lagi!

Baca Juga: Ternyata Golongan Darah O Gak Sabaran Kalau Menyetir, Kalau Golongan Darahmu Bagaimana?

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You