Comscore Tracker

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang Mengintainya

Minimal dipanasin, deh!

Terkadang ada dari kita yang memiliki mobil namun jarang digunakan, entah karena memiliki mobil lebih dari satu atau karena jalanan macet sehingga terasa lebih nyaman pergi dengan naik transportasi umum atau motor saja.

Nah, ternyata mobil yang tidak dipakai dalam waktu yang lama bisa terkena berbagai macam masalah yang membuat mobil rusak, lho. Mau tahu apa saja masalah yang bisa menjangkit mobil yang lama tidak dipakai? Yuk, simak di bawah ini.

1. Aki mobil menjadi soak

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang MengintainyaPxhere.com/CC0 Public Domain

Karena lama tak teraliri arus listrik, aki mobil bisa menurun kemampuannya bahkan sampai tidak bisa digunakan lagi. Hal ini tentu akan sangat merepotkan saat akan menggunakan mobil suatu hari nanti karena mobil jadi tak bisa dihidupkan sama sekali. Sehingga paling tidak kamu memanaskannya setiap 3 hari sekali agar arus listrik tetap mengalir di aki mobil, ya.

2. Ban mobil mengempis

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang MengintainyaPxhere.com/CC0 Public Domain

Karena lama tak digunakan, ban mobil bisa saja mengempis karena tekanan yang ada di dalam ban berkurang. Menggunakan nitrogen tentu adalah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar ban tidak cepat mengempis.

Namun alangkah baiknya kamu selalu memeriksa tekanan ban kendaraan kamu setidaknya setiap 2 minggu sekali meskipun sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Ban Mobil Pecah

3. Rem menjadi berkarat

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang MengintainyaUnsplash.com/@liam_1

Karena lama tidak digunakan, akan ada beberapa komponen kendaraan yang berkarat, salah satunya adalah rem. Rem yang sering digunakan akan terhindar dari karat karena adanya panas gesekan antara kampas dan piringan rem. Jadi jika lama tak digunakan akan timbul karat yang membuat rem tidak bekerja maksimal dan pedal rem akan terasa bergetar saat diinjak.

Gunakan mobil paling tidak 1 minggu sekali untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah agar rem juga kembali digunakan untuk mencegah karat.

4. Rem tangan tersangkut

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang MengintainyaFlickr.com/David Thomas

Karena lama ditinggalkan dengan kondisi rem tangan ditarik, bisa menyebabkan rem tangan tersangkut dan mobil susah berjalan lho. Hal ini bisa terjadi karena kondisi mobil yang basah setelah dicuci atau digunakan di kondisi jalanan yang basah.

Lalu karena ingin diparkir, rem tangan diaktifkan padahal kondisi remnya masih basah, dan dalam waktu yang lama air yang menempel akan meresap ke bagian tromol rem sehingga membuat rem tangan lengket dan membuat roda susah berputar saat dijalankan.

Untuk menghindarinya kamu bisa mencari tempat parkir yang aman dan datar. Lalu simpan mobil kamu tanpa rem tangan. Namun jika sudah kejadian, kamu bisa mencoba menggerakkan mobilmu ke depan atau belakang sampai rem yang lengket terlepas, dan jika masih sulit maka kamu harus memanggil mekanik untuk melakukan pembersihan rem secara menyeluruh.

5. Wiper mobil mengeras

Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang MengintainyaPixabay.com/dibjo

Mobil yang lama tak digunakan bisa membuat wiper mobil mengeras karena terlalu lama menempel pada kaca mobil. Jika wiper mengeras maka saat digunakan bisa membuat kaca mobil menjadi lecet.

Untuk mencegahnya sebaiknya kamu mengganjal wiper mobil dengan busa agar tak terjadi kontak langsung antara wiper dengan kaca mobil. Kamu juga bisa mencuci wiper mobil kamu secara berkala saat tidak digunakan agar tetap terjaga kelenturannya.

Itulah 5 hal yang bisa menghantui mobil kamu jika tidak pernah digunakan. Maka sebaiknya kamu rutin menggunakan mobil kamu setidaknya hanya untuk berjalan di sekitar rumah agar mobil senantiasa prima jika akan digunakan kembali.

Baca Juga: Menjadikan SUV Sebagai Mobil Harian, Ini Keunggulannya

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You