Comscore Tracker

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu Beli

Pengen belajar drifting? Cek dulu rekomendasi mobilnya!

Kamu yang pernah nonton anime Initial D pasti akrab dengan yang namanya drifting. Salah satu teknik berbelok yang memanfaatkan kondisi oversteer dari mobil ini memang salah satu cabang olahraga motorsport. Teknik oversteer sendiri terjadi pada mobil berpenggerak roda belakang (RWD) yang terjadi karena aktivitas membelok dengan kecepatan tinggi sehingga roda belakang terpelintir karena kehilangan daya cengkeram.

Jika kamu tertarik dengan dunia drift, kamu bisa memulainya dengan memiliki mobil bahan untuk drifting. Mobil-mobil ini berpenggerak roda belakang dan sering digunakan para drifter dalam pertandingan drift lho.

Tentunya rekomendasi ini dipilihkan dengan budget harga mobil bekas yang murah. Apa saja rekomendasinya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Nissan Cefiro

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliInstagram.com/ownstyleau

Bagi drifter pemula, Nissan Cefiro adalah mobil pertama yang cocok dipilih. Meskipun di jalanan umum mobil ini jarang terlihat, namun di kalangan para penggila drift, Nissan Cefiro adalah mobil yang luar biasa.

Jika kamu tahu legenda mobil Nissan seperti Skyline atau Silvia, Nissan Cefiro ini adalah mobil satu platform dengan dua seri legendaris mobil Nissan itu. Di kondisi standar, Nissan Cefiro sudah dibekali dengan mesin 2.000 cc 6 silinder dengan kecepatan hingga 140 hp.

Apalagi, mobil ini memiliki ruang mesin yang cocok untuk dilakukan swap engine ke mesin-mesin tipe RB khas Nissan lainnya yang memiliki tenaga lebih besar, sehingga Nissan Cefiro benar-benar menjadi mobil bahan yang cocok untuk memulai terjun ke dunia drift.

Jangan khawatir mahal, karena Nissan Cefiro bisa kamu dapatkan dengan harga bekas mulai Rp 35 jutaan hingga Rp50 jutaan tergantung kondisi dan modifikasi. Wuih, mantap ya harganya!

2. BMW E36

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliCommons.wikimedia.org

BMW memang terkenal dengan layout penggerak roda belakang (RWD) di setiap lini mobilnya sejak dulu, salah satu yang bisa menjadi pilihan murah adalah BMW E36. BMW seri 3 ini memiliki banyak varian, namun yang bisa direkomendasikan untuk mobil starter drifting adalah seri 320i dan seri 323i karena tenaga yang diusungnya cukup besar hingga 160an hp.

Pilihan untuk swap engine juga cukup mudah, kamu bisa menggantinya dengan tipe-tipe mesin seri M3 untuk performa yang lebih gahar. Selain itu, mobil ini juga masih ganteng untuk dikendarai harian lho.

Untuk harga bekasnya, BMW E36 bisa kamu tebus mulai harga Rp 50 jutaan sampai Rp 75 jutaan tergantung tahun, kondisi dan originalitasnya. Yuk, cek di dealer mobil bekas terdekat!

Baca Juga: Keren! 5 Rekomendasi Mobil yang Beken di Dunia Rally

3. BMW E30

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliCommons.wikimedia.org

Jika BMW E36 dirasa masih terlalu mahal, kamu bisa memilih BMW E30 yang desainnya lebih klasik ini. Mobil yang juga terkenal di Indonesia karena film Catatan Si Boy ini memiliki bodi yang kompak serta tenaga hingga 114 hp. Memang tenaganya gak begitu besar, namun mesinnya masih bisa di-swap dengan mesin-mesin gahar BMW seperti seri M3 atau M50.

Harga BMW E30 ini cukup bervariasi karena merupakan seri legendaris BMW di Indonesia dan menjadi perburuan para kolektor mobil. Untuk harga yang murah, kamu bisa dapatkan di rentang harga Rp35 jutaan sampai Rp75 jutaan tergantung kondisi dan tahun.

Meskipun ada juga yang menjual hingga Rp100 jutaan, namun jika kamu menginginkan mobil untuk drift, lebih baik kamu memilih yang murah saja karena nanti kamu juga perlu memodifikasinya agar cocok untuk turun ke lintasan drift.

4. Toyota Corolla DX

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliInstagram.com/corolladx_

Satu lagi mobil yang legendaris di Indonesia, apalagi di kalangan anak retro adalah Toyota Corolla DX. Bentuknya memang retro dan kompak banget, sehingga bobot ringannya cocok banget untuk drifting.

Namun Toyota Corolla DX ini belum memiliki mesin yang cukup ampuh untuk drifting, mesin bawaaannya hanya memiliki tenaga 60an hp. Tapi jangan bersedih dulu, karena mobil ini sudah memiliki modal bodi yang ringan dan harganya cenderung murah, kamu bisa menggunakan sisa budget kamu untuk swap engine ke mesin gahar Toyota lainnya seperti seri 4AGE yang juga legendaris.

Toyota Corolla DX ini harga bekasnya berkisar antara Rp25 jutaan hingga Rp60 jutaan, bisa menjadi salah satu mobil starter drift kamu.

5. Toyota Cressida

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliEn.m.wikipedia.org

Berbeda dengan Toyota Corolla, mobil ini memiliki segmen yang lebih tinggi, Toyota Cressida termasuk mobil mewah pada masanya. Meskipun saat ini desainnya tergolong tua, namun Toyota Cressida cocok digunakan untuk mobil bahan drifting.

Keunggulan mobil ini adalah memiliki platform serupa dengan salah satu mobil sport legendaris Toyota yaitu Supra. Toyota Supra terkenal dengan mesin gaharnya 2JZ, sehingga alternatif mesin Toyota Cressida ini bisa di-swap dengan mesin 2JZ dengan sedikit modifikasi tentunya.

Harga Toyota Cressida bekas saat ini Rp25 jutaan hingga Rp50 jutaan saja lho, sisa budget-nya bisa kamu gunakan untuk swap engine dan modifikasi, nih!

6. Volvo 740

6 Rekomendasi Mobil Drifting Murah yang Bisa Kamu BeliCommons.wikimedia.org

Mobil untuk drift membutuhkan performa tinggi untuk menunjang kemampuan bermanuver, salah satunya dengan turbo dan intercooler. Lalu bagaimana jika dalam kondisi standar mobil kamu sudah dilengkapi dengan turbo dan intercooler ini? 

Volvo 740 adalah salah satu mobil yang sudah dilengkapi dengan turbo dan intercooler sehingga dengan tambahan modifikasi agar sesuai dengan lintasan, mobil ini sudah cocok digunakan untuk nge-drift. Harga Volvo 740 berkisar antara Rp 35 jutaan sampai Rp 45 jutaan saja.

Terjangkau dan buas, bukan performa mobil-mobil untuk drift ini? Yuk, mulai survei mobil-mobil incaran kamu untuk terjun ke dunia drift!

Baca Juga: 5 Mobil SUV di Bawah Rp100 Juta, Libas Medan Sulit saat Mudik

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You