Comscore Tracker

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudik

Agar perjalanan menjadi aman dan nyaman

Terdapat berbagai macam moda transportasi yang mereka gunakan untuk mudik ke kampung halamannya, dalam hal ini khusus bagi mereka yang mudik dengan moda transportasi pribadi. Lakukan 5 tips di bawah ini sebelum mudik agar kondisi kendaraanmu siap untuk dipakai!

1. Amati kekuatan kendaraan

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudikpexels.com

Mungkin mudik menjadi kurang nyaman bila kondisi kendaraan tidak normal dan kurang bagus untuk di kendarai, apalagi mudik dengan jarak tempuh yang jauh maka pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Dengan begitu, dapat dipastikan perjalanan mudikmu akan aman dan nyaman.

2. Tune up

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudikpexels

Secara keseluruhan tune up merupakan servis pada mesin mobil supaya performanya tetap bagus dan tidak menurun. Hal inilah yang perlu dilakukan karena semakin lama kendaraan yang dipakai, seiring usianya bertambah tentu kondisinya akan berbeda dengan yang masih baru. Melakukan tune up membantu menjaga stabilitas performa mobil agar kondisi mobilmu tetap dalam keadaan prima.

3. Perhatikan juga kondisi ban

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudikpexels.com

Hal lain yang perlu diperhatikan saat melaksanakan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi adalah ban. Karena ban merupakan bagian terpenting dalam melakukan perjalanan mudik. Biasanya hal ini terjadi bagi moda transportasi kendaraan roda dua yang biasanya terdapat satu atau lebih sudah ada bekas tambalan pada bagian ban dalam, alangkah baiknya untuk segera mengganti dengan ban yang baru. Dengan demikian, ban dalam kondisi baru dan bagus untuk digunakan dengan begitu perjalanan mudikmu akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Jalur One Way Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019

4. Membawa alat penunjang kendaraan

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudikpexels

Fungsi membawa alat penunjang kendaraan ialah untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan adanya kerusakan kecil pada kendaraan. Terdapat berbagai ragam macam alat penunjang kendaraan seperti ban serep dongkrak serta kunci. Alat penunjang ini berguna bila sewaktu-waktu pengendara perlu memperbaiki komponen yang rusak pada kendaraan.

5. Test drive

5 Tips Uji Kendaraan Pribadi yang Perlu Disiapin Sebelum Mudikpexels.com

Langkah terakhir adalah uji coba kendaraan yang telah dilakukan perawatan, guna menunjang kelancaran transportasi saat melakukan perjalanan mudik di hari kemenangan hari raya Idul Fitri ini. Secara langsung kondisi kendaraan sudah dapat diketahui layak dan benar-benar siap untuk dibawa mudik.

Itu dia tadi lima tips yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik dengan bermoda transportasi pribadi. Semoga perjalananmu menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Baca Juga: 6 Barang Bawaan Ideal Agar #MudikTanpaRibet dengan Si Kecil 

Rizky Januarsyah Photo Community Writer Rizky Januarsyah

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You