Comscore Tracker

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobil

Jangan sampai ketinggalan!

Jakarta, IDN Times - Sebagai pengguna mobil, sebaiknya kamu harus mempunyai bekal untuk mengantisipasi jika suatu saat kendaraanmu mengalami masalah di jalan. Seperti mogok, ban pecah, atau bahkan terjadi kebakaran pada mobil.

Karena itu, kamu wajib membawa barang-barang berikut ini di mobil. Jangan sampai ada yang tertinggal ya.

1. Buku manual

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobilhttps://img.hargamobil.com

Barang yang gak boleh dikeluarkan sekalipun dari mobil adalah buku manual. Semisal mobil bermasalah di jalan, buku manual bisa menjadi solusi dalam menemukan inti permasalahan pada kendaraan. Simpanlah baik-baik buku tersebut di box penyimpanan pada mobil dan jagalah jangan sampai hilang.

Baca Juga: Rifat Sungkar Berbagi Tips Merawat Karet-karet Mobil 

2. Tool kit

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobilwalmart.com

Jangan lupa selalu sediakan tool kit atau perangkat serba guna di mobil, karena komponen ini sangat dibutuhkan ketika mobil tiba-tiba mengalami masalah pada saat kamu melintas jalan yang jauh dari bengkel.

Satu box tool kita biasanya terdiri dari obeng, tang, kunci inggris, kunci pas, selotip, lem besi, lakban, pisau/cutter, senter, dan beberapa perangkat penting lainnya.

Supaya lebih lengkap lagi, kamu bisa menyiapkan beberapa perangkat cadangan seperti busi, minyak rem, dan air bersih. Sebaiknya kamu menyimpan tool kit di mobil saja, karena banyaknya box-nya cukup memakan ruangan.

3. Pisau lipat

10 Barang yang Wajib Dibawa di MobilIlustrasi/knowhow.napaonline.com

Pisau lipat berguna sebagai pendukung tool kit untuk memperbaiki komponen mobil yang sangat kecil bahkan sulit terjangkau. Biasanya satu pisau lipat terdiri berbagai macam jenis mata pisau yang bisa kamu pilih ingin menggunakan yang mana.

4. Perangkat pengganti ban

10 Barang yang Wajib Dibawa di MobilDongkrak mobil (Instagram.com/langnotgood)

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sang dikhawatirkan dalam perjalanan, apalagi dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membawa perangkat pengganti ban mobil.

Pertama, ada dongkrak yang berfungsi mengangkat mobil saat kamu ingin mengganti ban terdapat beberapa pilihan dongkarak yang bisa kamu gunakan. Mulai dari dongkrak botol, dongkrak gunting, hingga dongkrak buaya. Selanjutnya, kunci roda untuk membuka dan mengunci mur ban mobil.

Di pasaran biasanya tersedia kunci roda palang, kunci roda L, dan kunci roda engkol. Canggihnya, saat ini mulai tersedia kunci roda elektrik yang mampu memudahkan bongkar pasang ban. Dan yang terpenting, jangan lupa membawa ban cadangan ya. Komponen satu ini merupakan perlengkapan standar yang wajib ada di mobil.

Baca Juga: 6 Tips Menghilangkan Kerak pada Cat Mobil yang Super Praktis

5. Segitiga pengaman

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobiltuningblog.eu

Memang saat ini mobil sudah dilengkapi oleh lampu hazard sebagai isyarat kalau mobilmu sedang mengalami masalah. Tapi, jika dipakai dalam waktu lama, tentu akan menghabiskan aki mobil. So, penting bagi kamu untuk membawa rambu segitiga pengaman di mobil.

Jadi, pengguna jalan bisa menjadi lebih waspada walau hazard gak menyala. Ketika mobil bermasalah dn terpaksa harus berhenti, kamu bisa menempatkan segitiga pengaman sekitar 10 hingga 20 meter dari mobil, namun jangan sampai menghalangi kendaraan lain ya.

6. Kabel jumper

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobilotomotif.metrotvnews.com

Mobil yang mogok biasanya terjadi akibat sistem kelistrikan, maka penting bagi kamu untuk menyediakan kabel jumper di mob. Sebab komponen ini membantu kamu untuk medeteksi tengangan listrik.

Caranya mudah, cukup hubungkan kabel jumper dari katub aki yang ingin diisi kembali dayanya dengan pengisi daya aki tersebut. Lalu, pastikan hubungan kabel yang digunakan antara katub aki dengan pengisi daya aki sama persis arus positif dan negatifnya.

7. Sekring

10 Barang yang Wajib Dibawa di MobilIlustrasi sekring mobil (toyota.astra.co.id)

Jika berbicara kelistrikan, wajib juga buat kamu untuk selalu membawa sekring cadangan di mobil. Sekring sangat berguna sebagai penahan arus listrik berlebih biar gak jebol. Jadi ketika sewaktu-waktu mobil mengalami korsleting karena sekring sudah rusak, maka kamu bis menggantinya dengan sekring cadangan tersebut.

Perlu diingat, setiap sekering mempunyai kapasitas tersendiri, yang bisa kamu lihat berdasarkan warna dari kepala sekering itu. So, kalau salah satu sekering mengalami kerusakan, maka sekering tersebut harus diganti dengan sekering yang berwarna sama.

8. Alat pemadam api

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobilpeakhomesecurity.com

Mobil overheat merupakan kejadian yang sering terjadi, bahayanya hal ini bisa menyebabkan mobil terbakar. Terdapat juga beberapa faktor kelalaian pengendara yang bisa membuat kabin kebakaran pada mobil.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kamu menyimpan alat pemadam api di mobil. Pada dasarnya, alat ini mengandung material khusus didalamnya, sehingga lebih aman ketimbang memadamkannya dengan air biasa.

9. Kotak P3K

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobilpexel.com

Tidak hanya alat keamanan dan keselamatan untuk mobil kamu saja yang harus dibawa di mobil. Kamu juga harus membawa kotak P3K untuk menjaga keselamatan diri sendiri. Kotak ini sebagai alat pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan sebelum harus dibawa ke rumah sakit.

Bahkan kotak P3K ini sangat dibutuhkan walau hanya untuk tangan yang terluka akibat terjepit mobil. Biasanya isinya terdiri dari alkohol, kapas, perban, kain segitiga, betadine, cotton bud, dan obat-obatan penting.

10. Jas hujan dan sarung tangan

10 Barang yang Wajib Dibawa di Mobildcglove.com

Selain pengguna motor, pengguna mobil juga sebaiknya membawa jas hujan dan sarung tangan di kendaraannya. Kamu bisa menggunakan jas hujan dan sarung tangan kalau kamu gak mau terkena noda di baju maupun tangan saat memperbaiki mobil.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya