Comscore Tracker

4 Penyebab Kipas Radiator Mobil Mengalami Kerusakan

Berpotensi membuat mesin overheat

Jakarta, IDN Times - Membiarkan mobil dengan keadaan kipas radiator yang rusak, merupakan salah satu kesalahan fatal. Seperti kipas pendingin satu ini berfungsi mengalirkan udara masuk ke mesin mobil melalui kisi-kisi yang terdapat pada radiator.

So, jangan heran kalau mesin bakal mengalami overheat apabila kipas tersebut rusak.  ada beberapa hal yang menyebabkan sistem pendingin ini rusak. Berikut beberapa di antaranya.

1. Visco kipas radiator rusak

4 Penyebab Kipas Radiator Mobil Mengalami KerusakanIlustrasi visco kipas radiator (shopee.co.id)

Istilah visco fan memang cukup terdengar asing. Namun siapa sangka bahwa komponen ini juga bisa merusak kipas radiator, lho. Visco fan sendiri adalah sebuah kipas pada kipas radiator, yang memanfaatkan oli sebagai pengatur kecepatannya.

Cara kerja ini sangat tergantung pada putaran yang dihasilkan mesin. Kalau mesin berada pada suhu rendah, biasanya visco fan bakal terjadi slip. Sehingga, kipas bakal berputar sangat lambat, begitu juga sebaliknya.

So, apabila komponen rusak, maka perputaran kipas radiator pun jadi gak beraturan. Dalam kata lain, kipas pendingin tersebut juga akan rusak.

Baca Juga: Fungsinya Penting, Begini Ciri Radiator Motor yang Bermasalah

2. Fan belt kipas terputus

4 Penyebab Kipas Radiator Mobil Mengalami KerusakanIlustrasi fan belt mobil (carro.sg)

Kipas radiator gak akan bisa berputar sama sekal, apabila fan belt ditemukan terputus. Namun hal ini biasanya hanya terjadi pada kipas pendingin konvensional saja. Sebab beberapa mobil saat ini sudah dilengkapi power steering, yang bisa membuat kipas tetap berputar. Meskipun fan belt tersebut sudah terputus.

FYI, fan belt memiliki fungsi sebagai penghubung antara mesin dan kipas, sehingga terjadi perputaran. Putusnya fan belt ini biasanya terjadi akibat telah termakan usia atau terkena cairan seperti oli atau minyak rem.

3. Kabel konektor kipas terputus

4 Penyebab Kipas Radiator Mobil Mengalami KerusakanIlustrasi kipas pendingin mesin mobil (suzuki.co.id)

Dalam kipas pendingin juga tersedia kabel penghubung atau konektor. Kabel ini bisa saja putus sewaktu-waktu, sehingga membuat kabel listrik berhenti. Tentu hal ini menyebabkan kipas pending menjadi rusak. Penyebab putusnya kabel ini bisa saja datang dari soket rusak atau kabel yang terjepit.

Kemungkinan kabel terputus juga bisa karena digigit binatang, atau memang usianya yang sudah lama. So, seringlah periksa kesehatan kabel konektor untuk mencegah terputusnya kabel, sehingga kipas radiator dapat bekerja dengan baik.

4. Sekring kipas terputus

4 Penyebab Kipas Radiator Mobil Mengalami KerusakanIlustrasi sekring pada mobil (bacabrosur.blogspot.com)

Terputusnya sekring kipas sudah pasti akan menyebabkan kerusakan pada kipas radiator. Sekring memiliki fungsi untuk mencegah masuknya arus listrik ke rangkaian, sehingga tidak terjadi kelebihan tegangan.

Jadi, apabila sekring ini terputus dan arus listrik yang masuk tidak terkontrol, maka kipas akan rusak. Kamu disarankan mendatangi bengkel mobil terdekat apabila mengalami hal ini.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Membersihkan Radiator Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya