Comscore Tracker

5 Tips Memilih Head Unit Mobil Aftermarket

Jangan sampai salah pilih ya!

Jakarta, IDN Times - Head unit bisa menjadi solusi sebagai pelepas penat dan rasa bosan saat kamu di dalam mobil. Apalagi kala sedang terjebak macet atau melakukan perjalanan jauh.

Sebab komponen satu ini memang berperan sebagai penghibur di mobil. Kamu bisa mendengarkan radio, musik lewat bluetooth, bahkan menonton video di Youtube melalui head unit.

Saat ini, sudah banyak mobil keluaran terbaru yang menyediakan head unit dengan berbagai fitur canggih. Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang kurang puas sehingga ingin menggantinya dengan produk aftermarket. Sebab biasanya head unit aftermarket mampu menawarkan fitur yang lebih lengkap.

Sebelum membelinya, kamu harus lebih hati-hati lagi dalam memilih head unit biar gak kena tipu. Simak tips memilih head unit aftermarket berikut ini ya!

1. Sesuai layout head unit mobil

5 Tips Memilih Head Unit Mobil AftermarketIlustrasi Head Unit Mobil (unsplash.com/Erik Mclean)

Saat ini head unit memiliki dua tipe yakni Single dan Double Din. Nah, rata-rata mobil keluaran terbaru memiliki layout head unit dengan tipe 2Din. Tipe ini berkuran 180 mm x 100 mm, dua kali lebih besar ketimbang 1Din.

Sedangkan mobil keluaran lama seperti mobil buatan 1980 hingga 2000 awal, biasanya membutuhkan tipe 1Din. Tipe ini berukuran 180 mm x 50 mm dan tampilannya pun agak kuno. Nah, apabila kamu ingin memasang atau mengganti head unit, maka pilihlah sesuai dengan layout panel yang tersedia di mobilmu ya.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

2. Melakukan riset terhadap merek head unit di pasaran

5 Tips Memilih Head Unit Mobil AftermarketHead unit display 9" (youtube.com/Auto2000 ID)

Sebaiknya, kamu melakukan riset terlebih dulu tentang produk head unit sebelum membelinya. Kamu harus mencari tahu kualitas setiap merek head unit yang dijual di pasaran. Tips ini dilakukan agar kamu dapat membandingkan antar merek satu dengan lainnya.

Sebab, saat ini banyak head unit mahal, namun kualitasnya sama saja seperti yang murah. Jangan tergiur oleh fiturnya yang banyak, namun juga keawetannya dalam pemakaian. Banyak juga bagian layar sentuh head unit yang cepat rusak.

3. Menyesuaikan dengan budget

5 Tips Memilih Head Unit Mobil Aftermarketilustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Budget juga menjadi hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli head unit. Usahakan kamu membeli head unit sesuai dengan budget yang kamu punya.

Jangan sampai over budget, bisa bikin kamu susah. Tenang saja, masih banyak kok head unit dengan harga terjangkau, namun kualitas memukau.

4. Mengetahui fitur-fiturnya terlebih dahulu

5 Tips Memilih Head Unit Mobil AftermarketToyota Indonesia

Alasan kuat kamu mengganti head unit bawaan pabrik dengan yang aftermarket, pasti karena ingin mendapatkan fitur hiburan terbaru. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kemampuan dan fitur apa saja yang dimiliki head unit aftermarket.

Saat ini, fitur yang ditawarkan sudah jauh lebih canggih, head unit gak hanya untuk mendengar radio saja. Namun juga mampu sebagai alat navigasi agar kamu gak tersesat di jalan. Saking canggihnya, hampir semua head unit sudah memakai sistem operasi android. Sehingga kamu bisa menikmati hiburan apa saja di sana, mulai dari menonton YouTube hingga membalas pesan WhatsApp.

5. Kompatibel dengan smartphone

5 Tips Memilih Head Unit Mobil AftermarketHarga head unit Asuka di GIIAS 2022 (dok. Asuka)

Mengingat kecanggihan tersebut, kamu juga disarankan untuk mencari head unit yang kompetibel dengan smartphone. Tips ini dilakukan agar kamu tetap bisa fokus berkendara, meski sambil mengakses smartphone.

Hal ini mengingat saat ini sudah banyak head unit yang dapat mendukung fitur Android Auto dan Apple Car Play. Ya, memang sih harganya akan lebih mahal. Namun kalau budget kurang, kamu masih bisa membeli head unit yang memiliki fitur mirroring. Kurang lebih fungsinya sama seperti fitur Android Auto dan Apple Car Play.

Baca Juga: Head Unit Aftermarket Canggih di GIIAS 2022, Bisa Bunuh Virus di Mobil

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya