Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet Mobil

Dijamin ampuh deh!

Jakarta, IDN Times – Saat kamu membeli karpet mobil baru, biasanya akan tercium bau karet yang menyengat. Kalau terlalu lama mencium bau tersebut, biasanya kamu akan pusing dan gagal fokus saat berkendara

Bau tidak sedap juga bisa berasal dari kotoran yang menempel pada karpet atau bahkan karena suhu di dalam kabin terlalu lembab. So, berikut tips menghilangkan bau menyengat pada karpet mobi.

1. Mencuci karpet mobil menggunakan sabun

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet MobilIlustrasi karpet mobil PVC (review.bukalapak.com)

Tips paling efektif agar karpet mobil tidak lagi bau karet adalah kamu harsu mencucinya menggunakan sabun. Namun sebaiknya kamu menghindari kandungan zat kimia yang cukup kuat, agar tidak merusak struktur karet pada karpet mobil.

Setelah dicuci kamu bisa langsung menjemurnya hingga kering, hindari dari terik panas matahari ya. Hal itu dikarenakan panas bisa menyebabkan karet karpet mobil menjadi memuai atau menipis.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Karpet Mobil

2. Vakum pembersih

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet MobilIlustrasi karpet mobil clear vinyl (arinhoseguros.com.br)

Kamu juga bisa memanfaatkan vakum pembersih untuk mengatasi masalah ini. Biar hasilnya sangat maksimal, kamu harus taburkan baking soda terlebih dahulu ke permukaan karpet mobil yang bau.

Setelah itu, diamkanlah selama semalaman agar paginya kamu bisa segera membersihkan baking soda tersebut menggunakan vakum. Oya, gunakanlah vakum dengan tipe filter untuk membantu mengurangi bau dan mampu menyaring debu.  So, karpet mobil maupun udara dalam kabin pun akan menjadi lebih segar.

3. Gunakan air purifier

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet Mobililustrasi air purifier (freepik.com/user15245033)

Nah, saat mengunjungi toko perlengkapan mobil, biasanya kamu bakal disarankan untuk membeli air purifier. FYI, air ini sangat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau menyengat di dalam kabin mobil.

Maka itu, kalau kamu baru saja mengganti karpet mobil dengan yang baru atau masih bau karet. Segerlah letakkan air purifier di dalam mobil agar udara dapat jernih kembali dan bau karet pun hilang.

4. Menaburkan bubuk kopi

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet Mobililustrasi bubuk kopi (healthyom.com)

Bubuk kopi sangat dipercaya mampu menetralisir bau tidak sedap di ruangan, termasuk kabin mobil. So, kamu bisa menaburkan bubuk kopi di atas karpet mobil, gak perlu banyak-banyak.

Bau durian yang begitu menyengat saja bisa hilang hanya karna aroma dari bubuk kopi tersebut. Apabila bau durian saja bisa hilang, apa lagi bau karet karpet mobil?

5. Meletakkan arang di dekat karpet

5 Tips Menghilangkan Bau Menyengat Karpet Mobilmolekule.com

Perlu kamu ketahui, arang adalah karbon aktif yang mampu menyerap bau tak sedap. Dalam hal ini kamu cukup meletakkan beberapa potongan arang di dekat sumber bau. Setelah itu tinggalkanlah arang selama semalaman sehingga kamu dapat merasakan hasilnya di pagi hari. 

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Fresh

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya