Comscore Tracker

7 Cara Merawat Head Unit Mobil

Head unit jadi penghibur kala macet

Jakarta, IDN Times – Kehadiran Head unit (HU) bisa jadi obat pengusir bosan di perjalanan, terutama saat terjebak macet. Sebab, dengan headunit, kamu bisa mendengarkan radio, menyetel lagu-lagu kesayangan, hingga menonton YouTube.

Bahkan, jika head unit kamu dilengkapi sistem Android, kamu juga bisa menjadikan headunit sebagai navigasi berkat Google Maps. Asyik banget, kan? Karena itu, biar headunit bisa bekerja maksimal, jangan lupa untuk selalu merawatnya.

Nah, berikut tips merawat head unit mobilmu.

1. Menggunakan romote control

7 Cara Merawat Head Unit Mobilwww.befr.ebay.be

Ada banyak cara untuk mengatur head unit, salah satunya dengan remote control. Cara ini paling aman. Sebab kamu gak perlu menjulurkan tangan untuk menyentuh head unit saat mau mengganti lagu atau memutar video. Cukup tekan tombol-tombil di remote control. Cara ini akan membuatmu tetap fokus selama mengemudi.

Selain itu menggunakan remote control juga bisa memperpanjang usia head unit. Sebab kamu gak perlu memutar atau menekan layar sentuh head unit untuk melakukan pengaturan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Bekas Taksi, Murah Tapi Keren

2. Jaga kebersihan kabin

7 Cara Merawat Head Unit Mobilunsplash.com/Axel Antas-Bergkvist

Merawat head unit juga bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihannya. Nah, salah satu cara menjaga kebersihan head unit dengan memastikan kabin mobilmu bersih. Sebab, kabin yang penuh debu akan membuat head unit menjadi kotor. Kotoran tersebut bisa masuk ke dalam head unit melalui celah tipis. Akibatnya head unit bisa rusak.

3. Jangan gunakan CD bajakan

7 Cara Merawat Head Unit MobilIlustrasi kaset (flickr.com)

Saat ini memang keberadaan CD memang semakin tersisih oleh fitur Apple Car Play atau Android Auto. Tapi penggemar CD masih banyak. Sebab kualitas suara yang dihasilan CD jauh di atas Apple Car Play atau Android Auto. Selain itu head unit dengan pemutar CD juga masih banyak dijual. 

Nah, kalau head unitmu masih menyediakan pemutar CD, jangan sekali-kali memutar CD bajakan. Sebab CD bajakan berpotensi merusak optik pada head unit. Kalau optik sudah rusak, biaya perbaikannya mahal, bro!

4. Mengganti fitur CD

7 Cara Merawat Head Unit MobilIlustrasi Head Unit Mobil (unsplash.com/Erik Mclean)

Agar optik menjadi lebih awet, kamu bisa mengganti fitur CD dengan beberapa alternatif lainynya, seperti USB, SD Card, Bluetooth atau fitur Virtual Disc. Oya, meski HU mampu menampung USB atau SD berkapasitas 8-32 GB, sebaiknya hindari menyimpan file terlalu banyak di dalamnya, karena HU akan bekerja lebih keras untuk membaca media tersebut. Selain itu jangan mencabut USB atau SD card saat kamu sedang memutar lagu di HU.

5. Jangan langsung mematikan kontak kunci mobil

7 Cara Merawat Head Unit Mobilvidevo.net

Saat HU masih dalam keadaan menyala jangan langsung memastikan kontak kunci mobil begitu saja. Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan adalah mengeluarkan CD jika sedang memutar CD, lalu matikan HU dengan menekan tombol off sampai HU mati, bukan hanya layar yang mati. Hal ini untuk menghindari rusaknya komponen ini.

6. Hindari benturan keras pada mobil

7 Cara Merawat Head Unit Mobililustrasi seseorang yang sedang mengendarai mobil (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebaiknya juga kamu menghindarkan jalanan berlubang atau berkendara dalam kecepatan tinggi yang bisa saja  menabrak benturan keras seperti polisi tidur.

Benturan-benturan tersebut akan merusak HU walaupun komponen ini dilengkapi dengan shock resistant.  Saat pemasangan pastikan instaler memasang dudukan atau braket dengan pas dan benar.

7. Aki dalam keadaan baik

7 Cara Merawat Head Unit MobilAki mobil (groupon.ae)

Kondisi aki yang baik atau gak rusak juga membantu perawatan dalam HU lho. Sebab dengan kondisi aki tersebut pasokan listrij beserta komponen elektronik pada HU akan tetap stabil.  Ingat, arus listrik yang gak stabil bisa merusak peralatan elektronik.

Baca Juga: Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya