Comscore Tracker

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin 

Jangan sampai kelupaan ya

Jakarta, IDN Times - Kalau kamu mau mobil atau motormu selalu nyaman dan dalam kondisi prima, kamu harus memastikan semua onderdilnya dalam kondisi baik. Sebab jika ada bagian yang bermasalah, maka mobil atau motor pasti akan akan nyaman lagi.  

Karena itu selalu cek kondisi motor dan mobilmu secara berkala. Dengan begitu kamu akan mengetahui jika ada onderlil yang aus atau mulai bermasalah. Dengan begitu kamu bisa langsung segera menggantinya.

Nah, berikut beberapa bagian mobil atau motor yang harus dicek secara rutin.

1. Oli mesin dan filter oli

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Ilustrasi oli mesin mobil (Astra Peugeot)

Oli sangat berpengaruh dalam kinerja mesin mobil. Tanpa oli, kerja mesin gak akan stabil dan terjadi gesekan antarkomponen. Sebab oli bertugas melumasi bagian dalam mesin secara terus menerus sehingga usia kerjanya terbilang cepat. Maka komponen ini harus rutin diganti.

Gah cuma cairan oli saja, kamu juga harus rutin ganti filter oli yang berguna menyaring kotoran dari karbon dan gesekan mesin. Jika mobil sering digunakan, maka kerja oli mesin dengan filter oli semakin berat. Kamu bisa mengganti dua komponen ini setiap 1.000 km.

Baca Juga: 5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil

2. Filter udara

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Filter udara mobil (roadloans.com)

Kamu juga sangat dianjurkan selalu membersihkan filter udara secara berkala. Sebab filter udara terhalang banyak kotoran akan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar mobil.

Meski demikian, bukan berarti kamu gak perlu mengganti filter udara. Justru kamu harus rutin mengganti setiap kendaraan mencapai 40.000 Km. Hal ini juga dilakukan agar konsumsi bahan bakar tetap awet.

3. Busi

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Instagram

Busi sangat penting dalam sistem pengapian pada mesin kendaraan bermotor. Kalau komponen ini rusak, biasanya bahan bakar akan menjadi lebih boros sehingga ruang mesin gak bekerja maksimal. So, kamu diharapkan menggantinya setiap pemakaian mobil mencapai 20.000 Km.

4. Aki

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Aki (youtube.com/Dokter Otomotif)

Ketika bunyi klakson sudah gak nyaring dan lampu indikator redup, bahkan gak menyala sama sekali, itu tandanya daya dari aki mobil sudah melemah. Maka pasokan ke tenaga sistem kelistrikan mobil pun tidak ada.

Biasanya hal itu terjadi saat penggunaan mobil di tahun kedua atau ketiga. Apabila aki sudah mulai parah, silahkan ganti aki mobil dengan aki baru.

5. Filter Ac

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Ilustrasi filter AC mobil yang belum dibersihkan dan sudah dibersihkan (flickr.com/Kiyong Ahn)

Kinerja AC mobil akan terganggu kalau filter gak rajin dirawat. Suhu di seluruh kabin jadi sulit dingin lagi, apabila hal ini didiamkan maka lama-kelamaan AC jadi rusak. Umumnya, komponen ini harus diganti saat mobil sudah mencapai 20.000 km pemakaian.

6. Kampas rem

Bagian-bagian Mobil Ini Wajib Diganti secara Rutin Safetybrakeandclutch.co.za

Rem merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan saat berkendara, sehingga kamu wajib cek rem secara berkala untuk mengetahui kondisi kampas rem. Apabila terdengar decitan pada rem, karena adanya gesekan antara 2 logam atau pijakan rem menjadi lebih dalam saat dipijak, itu pertana kampas sudah habis. Maka kamu harus segera menggantinya setiap terjadi hal tersebut.

Baca Juga: Waspada! 3 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rem Blong 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya