Comscore Tracker

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 Gejalanya

wajib banget mengenal gejala rem blong agar bisa aman

Jakarta, IDN Times - Sering terjadi kecelakaan mobil akibat rem blong. Kasus tersebut tentu sudah banyak memakan korban jiwa. Nah, kasus ini banyak terjadi ketika mobil sedang melaju cepat dan jalanan yang menurun.

Tentu hal ini gak hanya merugikan si pemilik mobil dan penumpangnya saja, tetapi pengendara di sekitarnya pun bisa menjadi korban. Sehingga, kondisi rem ini harus jadi perhatian lebih bagi pengendara untuk menghindari kecelakaan.

Maka, penting banget untuk mengenal gejala rem blong pada mobil. Karena kadang sebagai pengendara pun kamu gak menyadari bahwa adanya masalah pada mobilmu.

Berikut gejala-gejala rem blong pada mobil, supaya kamu terhindar dari kecelakaan!

1. Pedal rem terasa ringan

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 Gejalanyawww.autoexpress.co.uk

Jika saat berkendara kamu merasakan pedal rem terasa ringan dari biasanya, kamu harus tahu bahwa ini menandakan minyak rem pada mobilmu berkurang bahkan habis. Hal tersebut yang menyebabkan pedal rem terasa ringan bahkan hilang saat diinjak.

Ketika minyak rem habis maka minyak enggak mampu meneruskan tekanan dari pedal rem untuk menekan kampas rem. Namun, bisa juga terjadi karena adanya angin pada sistem rem dan kamu harus segera membuang angin tersebut.

Baca Juga: 3 Tanda Kampas Rem Mulai Menipis, Awas Rem Blong!

2. Rem tertarik ke satu sisi

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 Gejalanyailustrasi menyetir mobil (pexels.com/UHGO)

Mungkin kamu pernah merasa mobilmu membuang ke arah kiri atau kanan saat kamu menginjak rem. Gak disangka-sangka, ternyat hal ini merupakan tanda-tanda rem blong, karena rem tertarik ke satu sisi.

Kamu bisa merasakannya dari setir yang tertarik ke arah membuangnya mobil. Sehingga, kamu harus mengontrol dan menahan agar mobil gak ikut berbelok.

Nah, hal tersebut terjadi karena adanya suatu masalah dari komponen penyalur tekanan minyak rem, seperti tersumbatnya selang minyak rem. Kamu harus tahu, dalam mekanisme pengereman, biasanya mobil menggunakan tekanan fluida dari minyak rem sebagai sistem pengereman. 

Jadi, ketika kamu sedang cek kondisi minyak rem, jangan lupa cek selang minyaknya juga yang berukuran kecil, ya.

3. Pedal rem terasa keras

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 GejalanyaSafetybrakeandclutch.co.za

Pedal rem terasa keras saat diinjak juga merupakan salah satu tanda-tanda rem blong. Jadi gak cuma saat terasa ringan saja ya.

Ternyata, hal ini juga bisa terjadi karena tersumbatnya saluran fluida, pecahnya selang vacuum, silinder roda macet atau terdapat bagian kampas rem terkena oli. Sehingga, hal tersebut menyebabkan pedal rem keras sehingga menyebabkan rem enggak berfungsi dengan baik.

4. Rem bergetar

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 GejalanyaPixabay.com/mikesphotos

Nah, saat bagian rem terkena oli atau kondisi sepatu rem yang mengeras, dapat mengakibatkan rem bergetar sehingga terjadi rem blong, karena oli pada rem enggak dibersihkan.

Sumber kedua dari rem bergetar juga bisa berasal dari piringan cakram atau tromol rem yang enggak rata.

Tentu hal tersebut dapat melemahkan kinerja rem dan menghilangnya tekanan ketika kondisi kerja yang berat. Wah, bahaya banget ya? Maka, kamu harus segera perhatikan hal-hal tersebut ketika sudah merasakan getaran dari rem.

5. Suara gesekan

Khawatir Rem Mobil Blong? Kenali 5 GejalanyaDan Lindsay/commons.wikimedia.org

Gejala rem akan blong juga bisa terdengar suara gesekan pada mobilmu. Sebab, terdapat komponen yang aus dari sepatu maupun kampas rem.

Biasanya hal ini terjadi karena kampas rem sudah habis. Jadi, hal itu yang biasanya menyebabkan gesekan antara pringan cakram atau tromol dengan pegangan kampas rem.

Tentu hal tersebut juga bisa membuat rem kepanasan dan kehilangan daya cengkram hingga kemungkinan besar terjadi rem blong. Tanda-tanda lain dari rem blong juga bisa kamu ketahui, dengan cara merasakan jarak pengereman bertambah ketika pedal rem diinjak. Padahal, kondisi jalanan sedang oke-oke saja.

Itulah gejala-gejala yang harus kamu kenali agar gak terjadi rem blong pada mobilmu yang berujung fatal.

Baca Juga: Jangan Abaikan Minyak Rem, Bisa Mendadak Blong Loh!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya