Comscore Tracker

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinya

Jangan menunggu mogok, ya!

Jakarta, IDN Times – Namanya koil. Bentuknya kecil dan lokasinya tersembunyi di balik mesin. Karena itu sparepart satu ini jarang diperhatikan pemilik mobil atau motor. Padahal koil memainkan peran penting dalam sistem pengapian.

Sehingga jika koil bermasalah, pengapian pun jadi gak sempurna. Kalau sudah begitu, mesin mobil jadi pincang dan performanya bakalan drop. Bahkan bukan tak mungkin mobil bakalan mendadak mogok jika masalah koil dibiarkan.

Nah, berikut ciri-ciri koil bermasalah yang harus kamu ketahui.

1. Koil menjadi panas

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinyahsrwheel.com

Ciri pertama koil melemah adalah mengalami kenaikan suhu yang cukup signifikan. Memaing sih, koil memang akan panas saat mesin dinyalakan. Namun koil yang bermasalah akan terasa lebih panas dari biasanya.

Penyebab panas berlebih pada koil bisa jadi karena faktor usia atau resistansi gulungan kawat sudah besar. Kalau ini masalahnya, sebaiknya segera ganti kobil mobil atau motormu.

Baca Juga: Serba-serbi Turun Mesin Motor, Penyebab Hingga Biaya Perbaikan

2. Tampak percikan api

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinyabacabrosur.blogspot.com

Masalah koil berikutnya bisa dideteksi dari percikan api yang disebabkan lapisan kawat sudah mengelupas. Jika ingin mengetahui hal ini, coba semprotkan air ke permukaan koil agar nantinya percikan terlihat jelas.

Jika ini terjadi, kemungkinan besar koil mengalami kebocoran. So, sudah waktunya mengganti koil dengan yang baru. 

3. Membutuhkan waktu lama saat stater mobil

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinyawww.futuready.com

Ciri lain koil rusak lainnya adalah waktu starter yang lebih lama dari biasanya. Besar kemungkinan masalah ini karena koil sudah lemah. Silakan konsultasikan dengan mekanik kepercayaanmu untuk mendeteksi koil. Jika memang harus diganti, jangan menunggu lebih lama, ya. 

4. Performa mesin gak stabil

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinyaIlustrasi mesin mobil (Pexels.com/georgesultan)

Performa mesin gak stabil juga salah satu ciri koil bermasalah. Ketidakstabilan performa bisa kamu rasakan dari laju mobil yang mendadak brebet. Kondisi ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna.

5. Mobil mogok

Koil Mobil Melemah, Kenali Ciri-cirinyathecardoctor.com.au

Jika masalah koil sudah parah, maka mobil berpeluang mogok di tengah jalan. Sebab koil yang gak berfungsi akan menggangu sistem pembakaran. Dan kalau sistem pembarakan terganggu, maka mesin akan langsung kehilangan tenaga dan bahkan mendadak mati.

Solusi satu-satunya adalah mengganti koil dengan yang baru. So, sebelum mobil mogok, segera deh ganti koil mobil atau motormu dengan yang baru.

Baca Juga: Tanda-tanda Koil Mobil Rusak, Segera Ganti Baru!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya