Comscore Tracker

Perlukah Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi Bensin?

Konon menggoyang kendaraan bisa memaksimalkan tanki bensin

Jakarta, IDN Times – Pernah melihat orang menggoyang-goyangkan mobil atau motornya saat mengisi bensin? Konon, menggoyangkan kendaraan saat mengisi bensin bisa memaksimalkan ruang di dalam tangki.

Tapi itu hanya konon. Sebab faktanya tidak begitu. Sebab menggoyangkan kendaraan saat mengisi bensin tidak akan menambah luas tangki bensin. Selain itu kebiasaan ini juga berbahaya, lho.

1. Mengeluarkan cipratan bensin

Perlukah Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi Bensin?Ilustrasi isi bensin (seva.id)

Entah darimana munculnya teori menggoyangkan kendaraan bisa memaksimalkan ruang, padahal cara tersebut justru bisa mengeluarkan cipratan bensin dari dalam tangki. Cara itu hanya membuat bahan bakar dalam tangki terkoyak-koyak sehingga membuat ukurannya gak akurat.

Baca Juga: Cara Membuka Tangki Bensin Mobil Berdasarkan Model Pembukanya

2. Tangki mempunyai saluran udara pembuangan

Perlukah Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi Bensin?artikel

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, mengatakan semua tangki pada kendaraan mempunyai saluran udara pembuangan. Jadi keliru besar jika ada anggapan udara bisa terperangkap di dalam tangki bensin, sehingga kendaraan perlu digoyang-goyang biar udara tersebut terlepas dari perangkap.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat dan kalau sampai cipratannya terbuang keluar justru membahayakan," kata Sony Susmana seperti dikutip dari ANTARA.

3. Menyebabkan listrik statis

Perlukah Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi Bensin?

Oya, menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin juga akan menimbulkan dampak pada nozzle yang berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar ke dalam ruang bakar. Tentu saja, hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan listrik statis di area tangki bensin sehingga bisa memicu kebakaran, loh.

So, gak perlu lagi menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin, ya!

Baca Juga: Tiga Tips Menghemat Bensin Saat Terjebak Macet 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya